Multimedia Based Vaname Shrimp Cultivation Learning Media

Authors

  • Fitri Rizani Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Almuslim

DOI:

https://doi.org/10.51179/tika.v8i2.2126

Keywords:

Learning Media, Eddie's Method, Vaname Shrimp

Abstract

Learning Media is a very active media in this online world. This technology is an object introduction technique that is very widely used in the field of cultivation. In this case, learning media technology can be useful to assist the public in finding more complete and precise information about the science of vannamei shrimp farming. The learning media technology can be developed in the form of videos, photos and animations. In the field of video, learning media technology is still not too many users. Currently there are still many who use magazines and books as a means of reference where these means often make people disappointed with the results. The material obtained is only in the form of text and images. Therefore, researchers took the initiative to design learning media as an educational and interesting tool. This promotional media is created using the Adobe Flash application.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariadie, C, H,. dan Deny, B, H., 2017 “Rancang Bangun Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Praktik Teknik Digital” Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Univeristas Negeri Yogyakarta, Vol. 1, No 1.

https://journal.uny.ac.id/index.php/jee/article/download/15121/9633

Ary, Y,. 2020 “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Menggunakan Aplikasi Construct 2 Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar”. Jurnal Teknik Informatika Dan Multimedia, Vol. 5 No 1.

https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/38272

Budi, S, D, O., 2018 “10 Unsur Yang Dapat Digunakan Untuk Merancang Sebuh Halaman CD Interaktif Yang Cantik Dan Artistic”. https://www.kompasiana.com/widyaa/596f0e10a5ae780fc65be1d2/penerapan-media-cd-interaktif-dalam-pembelajaran-matematika

Dinda, S, P,. dan Reni, N., 2019 “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi”. Jurnal Common, Vol. 3 No 1. https://ojs.unikom.ac.id/index.php/common/article/download/1950/137

Dewi, T., dan Ridwan, A, R., 2016 ” Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan Dan Habitatnya Dalam 3 Bahasa Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Multimedia”. Jurnal Algoritma, Vol 13, No 1.

http://eprints.umpo.ac.id/1528/1/HALAMAND%20EPAN.pdf

Fitia, H., 2014 “Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation And Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam”. Jurnal Ilmu Teknologi Dan Informasi, Vol. 1 No 2.

https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v2n1.p1--12

Ida, F,. dan Iskandar, W., 2021 “Pengembangan Media Pembelajaran Prezi Dengan Model ADDIE Simulasi Dan Komunikasi Digital”. Jurnal Teknologi, Vol. 2 No 2. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/7497

Listia, S, P,. dan Reni, W., 2020 “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Pada Matpel IPA Tematik Kebersihan Lingkungan”. Jurnal Informatika Dan Komputer, Vol. 22 No 1.

https://www.academia.edu/71419966/Pengembangan_Media_Pembelajaran_Berbasis_Game_Edukasi_Pada_MatPel_IPA_Tematik_Kebersihan_Lingkungan Miftah, M., 2014 “Pemanfaatan Media Pembelajaran Untuk Peningkatan Kualitas Belajar Siswa”. Jurnal Ilmu Teknologi Dan Informasi, Vol. 1 No 2.

https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v2n1.p1--12

Noraini, E,. 2018 “Perancangan Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash Cs5 Dan Autoplay Pada Mata Pelajaran Tik Di Smpn 2 Padang Panjang”. Vol. 7 No 3.

https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/33

Nyoman, S,. dan Kadek, Y., 2018 “Addie Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (Mie) Mata Kuliah Kurikulum Dan Pengajaran”. Jurnal Teknologi, Vol. 2 No 2. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/7497

Rinu, B, D,. dan Berti, Y., 2015 “Pengembangan Animasi Flash Dan Soal Interaktif Berbasis Powerpoint Sistem Pernapasan Manusia”. Jurnal Media, Vol. 3 No 3.

http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/7497

Ridwan, A, R,. dan Dewi, T., 2016 “Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan Dan Habitatnya Dalam 3 Bahasa Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Multimedia”. Jurnal Algoritma, Vol. 13 No 1. https://www.researchgate.net/publication/338030944

Sri, R., 2018 “Pemanfaatan Adobe Flash Cs6 Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Fungsi Komposisi Dan Fungsi Invers”. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 2 No 4.

https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/33

Syaiful, B,. dan Yasdinul, H., 2019 “Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Kbgt Di Smkn 1 Padang”. Jurnal Ilmu Teknologi Dan Informasi, Vol. 7 No 3.

https://ejournal.unp.ac.id/index.php/voteknika/article/view/105083

Suhartini, Y., dan Laela, A., 2018 “Meningkatkan Kecerdasan Natural Anak Usia Dini Melalui Pengenalan Hewan Di TK Pelita Kota Bandung”. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 2, No. 1.

https://perpustakaan.ft.unram.ac.id/index.php?p=fstreampdf&fid=2430&bid=9110

Wahyuning, R,. dan Ary, S., 2017 “Pembuatan Media Pembelajaran Berupa Animasi Flash Menggunakan Adobe Flash Professional Cs6 Pada Materi Momentum Dan Impuls Sma”. Jurnal Ilmu Multimedia Interkatif, Vol. 7 No 3.

https://repository.uksw.edu/handle/123456789/11854

Published

2023-08-15

How to Cite

Rizani, F. (2023). Multimedia Based Vaname Shrimp Cultivation Learning Media. Jurnal Tika, 8(2), 159–163. https://doi.org/10.51179/tika.v8i2.2126

Issue

Section

Articles