Media Pembelajaran Budidaya Udang Vaname Berbasis Multimedia
DOI:
https://doi.org/10.51179/tika.v8i2.2126Kata Kunci:
Media Pembelajaran, Metode Eddie, Udang VanameAbstrak
media pembelajaran merupakan satu media yang sangat aktif di dunia serba online ini. Teknologi ini adalah suatu teknik perkenalan suatu objek yang sangat banyak digunakan di bidang budidaya, Dengan hal ini teknologi media pembelajaran dapat berguna untuk membantu para masyarakat dalam mencari informasi yang lebih lengkap dan tepat tentang suatu ilmu budidaya udang vaname. Terknologi media pembelajaran tersebut dapat dikembangkan dalam bentuk video, foto maupun animasi. Dalam bidang video, teknologi media pembelajaran masih belum terlalu banyak penggunanya. Saat ini masih banyak yang menggunakan majalah dan buku sebagai sarana referensi diamana sarana ini sering membuat para masyarakat kecewa akan hasilnya. Materi yang didapatkan hanya berupa teks dan gambar. Oleh karena itu, peneliti berinisiatif untuk merancang sebuah media pembelajaran sebagai sarana edukasi dan menarik. Media promosi ini dibuat dengan menggunakan aplikasi Adobe Flash
Unduhan
Referensi
Ariadie, C, H,. dan Deny, B, H., 2017 “Rancang Bangun Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Praktik Teknik Digital” Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Univeristas Negeri Yogyakarta, Vol. 1, No 1.
https://journal.uny.ac.id/index.php/jee/article/download/15121/9633
Ary, Y,. 2020 “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Menggunakan Aplikasi Construct 2 Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar”. Jurnal Teknik Informatika Dan Multimedia, Vol. 5 No 1.
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/38272
Budi, S, D, O., 2018 “10 Unsur Yang Dapat Digunakan Untuk Merancang Sebuh Halaman CD Interaktif Yang Cantik Dan Artistic”. https://www.kompasiana.com/widyaa/596f0e10a5ae780fc65be1d2/penerapan-media-cd-interaktif-dalam-pembelajaran-matematika
Dinda, S, P,. dan Reni, N., 2019 “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi”. Jurnal Common, Vol. 3 No 1. https://ojs.unikom.ac.id/index.php/common/article/download/1950/137
Dewi, T., dan Ridwan, A, R., 2016 ” Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan Dan Habitatnya Dalam 3 Bahasa Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Multimedia”. Jurnal Algoritma, Vol 13, No 1.
http://eprints.umpo.ac.id/1528/1/HALAMAND%20EPAN.pdf
Fitia, H., 2014 “Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation And Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam”. Jurnal Ilmu Teknologi Dan Informasi, Vol. 1 No 2.
https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v2n1.p1--12
Ida, F,. dan Iskandar, W., 2021 “Pengembangan Media Pembelajaran Prezi Dengan Model ADDIE Simulasi Dan Komunikasi Digital”. Jurnal Teknologi, Vol. 2 No 2. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/7497
Listia, S, P,. dan Reni, W., 2020 “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Pada Matpel IPA Tematik Kebersihan Lingkungan”. Jurnal Informatika Dan Komputer, Vol. 22 No 1.
https://www.academia.edu/71419966/Pengembangan_Media_Pembelajaran_Berbasis_Game_Edukasi_Pada_MatPel_IPA_Tematik_Kebersihan_Lingkungan Miftah, M., 2014 “Pemanfaatan Media Pembelajaran Untuk Peningkatan Kualitas Belajar Siswa”. Jurnal Ilmu Teknologi Dan Informasi, Vol. 1 No 2.
https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v2n1.p1--12
Noraini, E,. 2018 “Perancangan Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash Cs5 Dan Autoplay Pada Mata Pelajaran Tik Di Smpn 2 Padang Panjang”. Vol. 7 No 3.
https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/33
Nyoman, S,. dan Kadek, Y., 2018 “Addie Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (Mie) Mata Kuliah Kurikulum Dan Pengajaran”. Jurnal Teknologi, Vol. 2 No 2. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/7497
Rinu, B, D,. dan Berti, Y., 2015 “Pengembangan Animasi Flash Dan Soal Interaktif Berbasis Powerpoint Sistem Pernapasan Manusia”. Jurnal Media, Vol. 3 No 3.
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/7497
Ridwan, A, R,. dan Dewi, T., 2016 “Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan Dan Habitatnya Dalam 3 Bahasa Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Multimedia”. Jurnal Algoritma, Vol. 13 No 1. https://www.researchgate.net/publication/338030944
Sri, R., 2018 “Pemanfaatan Adobe Flash Cs6 Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Fungsi Komposisi Dan Fungsi Invers”. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 2 No 4.
https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/33
Syaiful, B,. dan Yasdinul, H., 2019 “Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Kbgt Di Smkn 1 Padang”. Jurnal Ilmu Teknologi Dan Informasi, Vol. 7 No 3.
https://ejournal.unp.ac.id/index.php/voteknika/article/view/105083
Suhartini, Y., dan Laela, A., 2018 “Meningkatkan Kecerdasan Natural Anak Usia Dini Melalui Pengenalan Hewan Di TK Pelita Kota Bandung”. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 2, No. 1.
https://perpustakaan.ft.unram.ac.id/index.php?p=fstreampdf&fid=2430&bid=9110
Wahyuning, R,. dan Ary, S., 2017 “Pembuatan Media Pembelajaran Berupa Animasi Flash Menggunakan Adobe Flash Professional Cs6 Pada Materi Momentum Dan Impuls Sma”. Jurnal Ilmu Multimedia Interkatif, Vol. 7 No 3.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Fitri Rizani
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.