Penerapan Media Pembelajaran Budaya Sekolah Islami Berbasis Multimedia
DOI:
https://doi.org/10.51179/tika.v8i1.1891Kata Kunci:
Pembelajaran, Budaya Islami, MultimediaAbstrak
Pendidikan Islam suatu proses pengarahan perkembangan manusia (ri’ayah) pada sisi jasmani, akal, bahasa, tingkah laku dan kehidupan sosial dan keagamaan yang diarahkan pada kebaikan menuju kesempurnaan, dengan adanya pendidikan islam di dunia pendidikan akan melatih perasaan siswa dengan cara begitu rupa sehingga dalam sikap hidup tindakan, keputusan dan pendekatan mereka terhadap segala jenis pengetahuan dipengaruhi oleh nilai etis islam. Multimedia memungkinkan pemakai komputer untuk mendapatkan output dalam bentuk yang jauh lebih kaya dari pada media tabel dan grafik konvensional. Media pembelajaran berbasis multimedia merupakan suatu alat atau perantara yang berguna untuk memudahkan proses belajar mengajar, dalam rangka mengefektifkan komunikasi antara guru dan murid. Hal ini sangat membantu guru dalam mengajar dan memudahkan murid menerima dan memahami pelajaran. Proses ini membutuhkan guru yang mampu menyelaraskan antara media pembelajaran dan metode pembelajaran berbasis multimedia.
Unduhan
Referensi
Agustina, A. M. (2010). Konsep ri’ayah al-maslahah Najmuddin al-Thufi relevansi dengan konsep reaktualisasi hukum Islam [Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim]. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7110
Huda, M. (2015). Peran Pendidikan Islam Terhadap Perubahan Sosial. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(1).
Iqbal, M., Rizal, M., Idris, J., & others. (2021). The Strengthening of Character in Boarding Schools Based Technology in Lhouksemawe, Northern Aceh Indonesia. The 1st International Conference on Research in Social Sciences and Humanities (ICoRSH 2020), 682–687.
Irawan, M. M., Hasanuddin, H., & Warham, M. (2022). PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI BENTUK PEMBINAAN PERILAKU SOSIAL ANAK DI KELURAHAN MARISO KECAMATAN MARISO KOTA MAKASSAR. Bacaka: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 1–20.
Kesuma, K., Ula, M., & Iqbal, I. (2019). MEDIA PROMOSI ANIMASI UNIVERSITAS ALMUSLIM MENGGUNAKAN TEKNIK PENGGABUNGAN 2D, 3D DAN CELL SHADING. JURNAL TIKA, 4(2), 17–21.
Miftah, M. (2013). Fungsi, dan peran media pembelajaran sebagai upaya peningkatan kemampuan belajar siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 95–105.
Munir. (2012). Multimedia konsep dan aplikasi dalam pendidikan. Dalam Alfabeta (Vol. 58, Nomor 12).
Rafli A, T. (2021). Penerapan Teknik Multimedia pada Pembuatan Media Pembelajaran Kalkulus Barisan dan Deret Aritmatika pada Masa Pandemi Covid-19. JURNAL TIKA, 5(3), 77–85. https://doi.org/10.51179/tika.v5i3.106
ROSYADI, M. H. A. (2020). APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN ALAT MUSIK DAERAH DI INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY. Universitas Bhayangkara.
Suparmi, S. (2018). Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah. Journal of Natural Science and Integration, 1(1), 62–68.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Wahyuni, Muhammad Iqbal; Fitri Rizani, Najmuddin
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.