Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Metode Ivers & Barron

Penulis

  • T. Rafli Abdillah Fakultas Ilmu Komputer Universitas Almuslim Bireuen - Aceh

DOI:

https://doi.org/10.51179/tika.v7i2.1321

Kata Kunci:

Adobe Flash, Berbasis Multimedia, Media Pembelajaran, Metode Ivers & Barron, Tumbuhan Vegetatif

Abstrak

Kehadiran teknologi informasi dan berbagai produknya telah memudahkan manusia untuk mengakses berbagai informasi, termasuk pengetahuan. Pesatnya kemajuan teknologi membuat akses informasi ini menjadi mudah dan cepat. Di masa pandemi Covid-19, model pembelajaran bergeser dari pembelajaran tradisional tatap muka menjadi model pembelajaran Online. Perubahan model pembelajaran tersebut menjadi latar belakang pengembangan media pembelajaran dalam penelitian ini, dengan tujuan untuk menciptakan multimedia pembelajaran interaktif yang menarik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development, serta metode Ivers dan Barron, yang menggunakan empat tahapan untuk mengembangkan pengetahuan pembelajaran interaktif proses pertumbuhan vegetatif tanaman, yaitu Decide, Desain, Develop, dan Evaluate. Temuan penelitian ini antara lain penggunaan media pembelajaran interaktif media pembelajaran tentang proses pertumbuhan vegetatif yang berbasis multimedia, lengkap dengan animasi yang dibuat dengan Tools Adobe Flash, dan dapat dijalankan pada perangkat yang mendukung Adobe Flash Player. Menurut hasil pengujian, aplikasi ini dapat berjalan dengan baik pada perangkat yang menjalankan sistem operasi Windows dengan menjalankan file dengan ekstensi an.exe yang diperoleh selama proses kompilasi seluruh file proyek pengembangan multimedia untuk pengembangan tanaman vegetatif interaktif

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Daryanto. 2010. “Media Pembelajaran : Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran.”

Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. 2nd ed. Gava Media.

Dwi, Surjono Herman. 2017. Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep Dan Pengembangan.

Gustiani, Sri. 2019. “Research and Development (R&D) Method as A Model Design in Educational Research and Its Alternative.” Holistics Journal 11(2):12–22.

Ivers, Karen S., and Ann E. Barron. 2002. Multimedia Projects in Education: Designing, Producing, and Assessing LIBRARIES UNLIMITED TEACHER IDEAS PRESS.

Mayer, Richard E. 2009. Multi Media Learning. 2nd ed. New York: Cambridge University.

Mishra, Sanjaya, and Usha V. Reddi. 2003. Educational Multimedia: A Handbook for Teacher- Developers.

Munir. 2012. Multimedia Konsep Dan Aplikasi Dalam Pendidikan. Vol. 58.

Phillips, Rob. 2013. The Developer’s Handbook to Interactive Multimedia. 1st ed. New York: Routledge.

Praheto, Biya Ebi. 2022. Multimedia Pembelajaran. 1st ed. edited by B. E. Praheto. Yogyakarta: UST-Press Yogyakarta.

Robin, Linda. 2001. Kitab Suci Komputer Dan Multimedia. Yogyakarta: Alberta.

Roblyer, M. D. 2010. Integrating Educational Technology into Teaching, New Jersey, Pearson Education. 7th ed. Pearson.

Ruomei, Fu, and Ma Feng. 2012. “The Use of Multimedia in Chinese Language Teaching at Binus University.” Humaniora 3(2):392. doi: 10.21512/humaniora.v3i2.3336.

Vaughan, Tay. 2014. Multimedia : Making It Work. 9th ed. edited by E. Webb. Mc Graw Hill.

Wahyudin, -, - Sutikno, and A. Isa. 2010. “Keefektifan Pembelajaran Berbantuan Multimedia Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Minat Dan Pemahaman Siswa.” Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia (Indonesian Journal of Physics Education) 6(1):58–62.

Ziden, Azidah Abu, and Muhammad Faizal Abdul Rahman. 2013. “The Effectiveness of Web-Based Multimedia Applications Simulation in Teaching and Learning.” International Journal of Instruction 6(2):211–22.

Unduhan

Diterbitkan

2022-08-10

Cara Mengutip

Abdillah, T. R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Metode Ivers & Barron. Jurnal Tika, 7(2), 179–188. https://doi.org/10.51179/tika.v7i2.1321