Pengembangan Media Pembelajaran Iqra Berbasis Multimedia Menggunakan Metode ADDIE
DOI:
https://doi.org/10.51179/tika.v7i2.1343Kata Kunci:
ADDIE Method, Adobe Flash, Multimedia Based, Iqra, Learning MediaAbstrak
Hadirnya teknologi informasi dengan berbagai produknya telah memudahkan manusia dalam mengakses berbagai informasi, tidak terkecuali informasi mengenai berbagai pengetahuan. Perkembangan teknologi yang begitu luas menjadikan akses terhadap informasi tersebut menjadi sangat mudah dan cepat. Model pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 telah berubah dari model pembelajaran konvensional tatap muka menjadi model pembelajaran daring. Perubahan model pembelajaran tersebut menjadi latar belakang pengembangan media pembelajaran yang dilakukan dalam penelitian ini, dimana tujuannya yaitu mengembangkan media pembelajaran Iqra berbasis multimedia secara menarik dan interaktif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan Research and Development, serta menggunakan metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation), dimana melalui metode ini dikembangkan sebuah aplikasi media pembelajaran Iqra yang dimulai dari tahap analisis kebutuhan dan menentukan spesifikasi awal sistem, merancang antar muka, menu dan sub menu, melakukan implementasi serta evaluasi kelayakan aplikasi sebelum aplikasi diluncurkan atau digunakans secara umum. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu aplikasi media pembelajaran Iqra berbasis multimedia, lengkap dengan tutorial dan cara penyebutan huruf-hurufnya yang dikembangkan dengan tool Adobe Flash dan dapat dijalankan pada perangkat yang support dengan Adobe Flash Player. Berdasarkan hasil pengujian, aplikasi ini mampu berjalan dengan baik pada perangkat dengan sistem operasi Windows, dengan menjalankan file berekstensi .exe yang didapat melalui proses kompilasi keseluruhan file proyek pengembangan aplikasi media pembelajaran Iqra
Unduhan
Referensi
Aeni, K., Astuti, T., 2021. Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu 5. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1790
Amiruddin, A., 2021. URGENSI PENDIDIKAN AKHLAK : TINJAUAN ATAS NILAI DAN METODE PERSPEKTIF ISLAM DI ERA DISRUPSI. Journal of Islamic Education Policy 6. https://doi.org/10.30984/jiep.v6i1.1474
Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., Pahrul, Y., 2020. Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579
Azzahra, Z.P.A., Furnamasari, Y.F., Dewi, D.A., 2021. Pengaruh teknologi digital terhadap persatuan dan kesatuan bangsa indonesia. Jurnal Pendidikan Tambuasi 5.
Badruzaman, D., 2019. Kajian Hukum Tentang Internet Mobile dalam Upaya Pencegahan Dampak Negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi di Indonesia. Ajudikasi : Jurnal Ilmu Hukum 3. https://doi.org/10.30656/ajudikasi.v3i2.1657
Derajad Wijaya, H., Devianto, Y., 2019. Application of Multimedia in Basic English Vocabulary Learning with the ADDIE Method. International Journal of Computer Techniques (IJCT) 6.
Djawahir, F.S., Sulaiman, A.I., Sugito, T., 2019. Pengembangan Usaha Batik Berbasis Kearifan Lokal. Pengembangan Sumber Daya Perdesaan dan Kearifan Lokal Berkelanjutan IX.
Fadli, S., 2018. Model Rapid Application Development Dalam Pengembangan Sistem Reservasi dan Penyewaan Kamar Hotel. Jurnal Informatika dan Rekayasa Elektronik 1. https://doi.org/10.36595/jire.v1i1.33
Gustiani, S., 2019. Research and Development (R&D) Method as A Model Design in Educational Research and Its Alternative. HOLISTICS JOURNAL 11.
Hadiana, M.E., Nur’alimah, E.O., 2021. Pengembangan Kurikulum Darurat Covid-19 (model dan media pembelajaran pada masa pandemi covid-19). NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran 6. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v6i1.1084
Handayani, R.N., Suparman, 2020. Design of mathematics worksheets based on guided inquiry model to improve mathematical connection skills. International Journal of Scientific and Technology Research 9.
Harahap, N., 2018. Pelaksanaan Penanggulangan Judi Online Oleh Kepolisian Di Padangsidimpuan. Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Keislaman 4.
Hartanto, A., 2013. Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Balok dengan Aplikasi Multimedia Interaktif di SD Negeri Teguhan Sragen. Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer FTI UNSA 2013 2.
Ismail, E., Priyanti, 2020. Pengembangan Model Pembelajaran Technoprenership Berbasis E-Learning Di Era Pandemi Covid-19. Inovasi Pembelajaran Karakter (JIPK) 5.
Istiyanto, S.B., 2016. TELEPON GENGGAM DAN PERUBAHAN SOSIAL Studi Kasus Dampak Negatif Media Komunikasi dan Informasi Bagi Anak-Anak di Kelurahan Bobosan Purwokerto Kabupaten Banyumas. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia 1. https://doi.org/10.25008/jkiski.v1i1.36
Jamun, Y.M., 2018. Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan - Pdf. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio 10.
Januarti, N.E., Hendrastomo, G., 2018. Inovasi Pembelajaran Sosiologi Kurikulum 2013 Melalui Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi 2. https://doi.org/10.20961/habitus.v2i1.20230
Karim, B.A., 2020. Pendidikan Perguruan Tinggi Era 4.0 Dalam Pandemi Covid-19 (Refleksi Sosiologis). Education and Learning Journal 1. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.54
Kesuma, M.E.-K., Yunita, I., Meilani, F., 2021. PENERAPAN APLIKASI SLiMS DALAM PENGOLAHAN BAHAN PUSTAKA DI PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI. Jurnal Adabiya 23. https://doi.org/10.22373/adabiya.v23i2.10346
Kimberly S.Young, C.N. de A., Helly Prajitno Soetjipto, 2017. Kecanduan Internet, Panduan Konseling dan Petunjuk untuk Evaluasi dan Penanganan, Pustaka Pelajar.
Kiruna, H., Subekti, M., Gendroyono, P., 2020. Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Lectora Inspire Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Journal of Electrical Vocational Education and Technology 3.
Kurniawan, Muh.A., 2020. Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis Macromedia Flash sebagai Sumber Belajar. Al-Misbah (Jurnal Islamic Studies) 8. https://doi.org/10.26555/almisbah.v8i2.1976
Mayfield, M., 2011. Creating training and development programs: Using the ADDIE method. Development and Learning in Organisations 25. https://doi.org/10.1108/14777281111125363
Muhammad Aidil, R., Gusmareta, S.Pd, M.Pd.T, Y., 2019. PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TUTORIAL PADA MATA KULIAH MEKANIKA TANAH DAN TEKNIK PONDASI. CIVED 6. https://doi.org/10.24036/cived.v6i3.106227
Muhson, A., 2010. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 8. https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949
Nalendra, A.K., 2021. Rapid Application Development (RAD) model method for creating an agricultural irrigation system based on internet of things. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering 1098. https://doi.org/10.1088/1757-899x/1098/2/022103
Pandey, V., Bairwa, A., Bhattacharya, S., 2013. Application of the Pareto principle in Rapid Application Development Model. International Journal of Engineering and Technology 5.
Prasetyo, D., Wibawa, B., Musnir, D.N., 2020. Development of Mobile Learning-Based Learning Model in Higher Education Using the Addie Method. Journal of Computational and Theoretical Nanoscience 17. https://doi.org/10.1166/jctn.2020.8740
Priyastuti, M.T., Suhadi, S., 2020. Kepuasaan Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Journal of Language and Health 1. https://doi.org/10.37287/jlh.v1i2.383
Putra, N.S., 2017. Judi sepak bola online dikalangan mahasiswa universitas Riau. Jom Fisip 4.
Rahmawati, V., Rosyida, S., 2020. Analisa Model Rapid Application Development Dalam Membangun Sistem Informasi Sekolah Mengemudi. Paradigma - Jurnal Komputer dan Informatika 22. https://doi.org/10.31294/p.v22i1.7177
Siregar, I.K., 2020. IMPLEMENTASI MODEL RAPID APPLICATION DEVELOPMENT PADA SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN BARANG DENGAN METODE FIFO. JURTEKSI (Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi) 6. https://doi.org/10.33330/jurteksi.v6i2.593
Tapung, M.M., Payong, M.R., 2019. Rekonstruksi Pendidikan Berbasis Berpikir Kritis ( Pbbk ) Dalam Menyikapi Permasalahan Sosial Akibat Penggunaan Media Sosial Pada Kurikulum Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio 11.
Tarigan, D., Buana, U.M., 2020. Sistem Informasi Akuntansi Aplikasi Konsep Basis Data Relasional pada Sistem Produksi , Pengupahan dan Sumber Daya Manusia Desi Ramadani Br Tarigan. Aplikasi Konsep Basis Data Relasional pada Sistem Produksi, Pengupahan dan Sumber Daya Manusia.
Wibowo, T., Xie, F., 2022. An RPG Game Design for English Learning using ADDIE Methods. Science Tech: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi 8. https://doi.org/10.30738/st.vol8.no1.a11990
Winarso, D., Syahril, S., Aryanto, A., Arribe, E., Diansyah, R., 2017. PEMANFAATAN INTERNET SEHAT MENUJU KEHIDUPAN BERKEMAJUAN. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI 1. https://doi.org/10.37859/jpumri.v1i1.29
Yanto, A., 2021. PENGENALAN LITERASI GUNA MENGATASI HOAKS SAAT PANDEMI. Dharmakarya 10. https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v10i2.32523
Zola, P., Andreas, L.O., . R., 2021. Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Kuliah Struktur Baja Prodi S1 Pendidikan Teknik Bangunan. CIVED 8. https://doi.org/10.24036/cived.v8i2.115446
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Zulfikar
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.