Fitur Tata Bahasa Tenses Bahasa Inggris Menggunakan Web

Authors

  • Yuswardi Yuswardi Universitas Al Muslim
  • Iskandar Zulkarnaini Universitas Al Muslim
  • Fitri Rizani Dosen Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer Universitas Almuslim Bireuen - Aceh

DOI:

https://doi.org/10.51179/tika.v6i01.411

Keywords:

Bahasa Inggris, Dreamweaver 8, Fitur, Kamus, MySQL, PHP, Tenses, Web

Abstract

Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa resmi di dunia yang sering digunakan untuk berkomunikasi dalam dunia bisnis dan pergaulan internasional. Selain itu, bahasa inggris merupakan salah satu bahasa yang menjadi faktor dalam persaingan untuk mendapatkan pekerjaan dengan kemampuan berkomunikasi yang baik. Untuk menguasai bahasa inggris diperlukan pembelajaran secara terus menerus atau dapat menggunakan sarana lain yakni dengan bantuan alat penerjemah yaitu kamus. Kamus adalah salah satu alat pendukung untuk mempelajari Bahasa Inggris, kamus ada yang berbentuk elektronik maupun non-elektronik. Kamus yang sering digunakan selama ini hanya berfokus pada penerjemahan kata atau kalimat. Dalam mempelajari bahasa Inggris, tentunya perlu mengenal aturan atau tata bahasa untuk menyusun sebuah kalimat dalam bahasa inggris. Salah satunya yang sering diajarkan adalah Tenses. Tenses merupakan aturan susunan kalimat yang menyatakan bentuk waktu dalam bahasa Inggris. Tenses digunakan untuk menyatakan kapan suatu peristiwa atau kejadian terjadi. Tenses terdiri dari 16 macam, yang masing-masing memiliki pola atau rumus aturan yang berbeda sesuai dengan penjelasan waktu peristiwa itu terjadi. Penggunaan tenses adalah hal yang harus diperhatikan dalam belajar bahasa Inggris. Seringkali orang lupa akan pola dan contoh dari tenses yang ada. Dan terkadang membutuhkan bantuan untuk mencari tahu atau mengingatkan kembali pola tenses tersebut. Sistem kamus berbasis web pun menjadi kamus elektronik yang memiliki fitur untuk pencarian bentuk kalimat dengan aturan tata bahasa tenses dan membedakan antara satu bentuk kalimat dengan lainnya. Sistem ini didesain menggunakan Dreamweaver 8, Xampp, bahasa pemrograman PHP dan MySQL. Hasil dari penelitian ini, sistem bisa menyusun kalimat berdasarkan aturan dari masing-masing pola tenses. Sistem hanya mengunakan aturan present dan past yang masing-masing memiliki 4 aturan pola

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chaer, A., (2007), Leksikologi dan Leksikografi Bahasa Indonesia, Jakarta: Rineka Cipta.

Hamka, D., 2012, Aplikasi Kamus Inggris-Indonesia, Indonesia-Inggris pada Platform Android, Universitas Bina Darma, Palembang.

Hariyanto, B., 2004, Rekayasa Sistem Berorientasi Objek, Bandung: Informatika Bandung.

HM, Jogiyanto., 2005, Analisis dan Desain Sistem Informasi, Andi Offset: Yogyakarta.

Kamus Pusat Bahasa, 2008, Kamus Bahasa Indonesia, Jakarta: Pusat Bahasa.

Kadir, A., 2009, Tuntunan Praktis: Belajar Database Menggunakan MySQL. Yogyakarta: Andi Offset

Komputer, Wahana, 2009, Adobe Dreamweaver CS4, Yogyakarta: Andi Offset.

Komputer, Wahana, 2012, Mudah Membuat Portal Berita Online dengan PHP dan MySQL, Yogyakarta: Andi Offset.

Maulana, A. M., 2013, Pembuatan Aplikasi Kamus Antonim Bahasa Inggris berbasis Android, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer, Yogyakarta.

Nugroho, B,. 2009, Latihan Membuat Aplikasi Web PHP dan MySQL dengan Dreamweaver MX (6,7,2004) dan 8, Yogyakarta: Gava Media.

Panut, S., 2008, Kamus Pribahasa Indonesia, Bandung: Kesaint Blanc

Pressman, R. S., 2002, Rekayasa perangkat lunak : Pendekatan praktisi (buku satu), Terj. Software Engineering : Apractitioner’s approach, L. N. Harnaningrum (Pen.), Andi: Yogyakarta.

Romadhona, G., Oktavia, W., 2011, Superlengkap Bahasa Indonesia SMP, Jakarta: GagasMedia

Septian, H., 2012, Kamus Sinonim dan Antonim bahasa Inggris berbasis WAP, Universitas Bina Darma, Palembang.

Simarmata. J., 2006, Aplikasi mobile commerce menggunakan PHP dan MySQL, Andi: Yogyakarta.

Susanto, A., 2004, Sistem Informasi Manajemen Konsep dan Pengembangannya

Sukarno, M., 2006, Membangun website dinamis interaktif dengan PHPMySQL (windows & linux), Eska Media: Jakarta.

Wicaksono, A., 2010, The New Complete English Grammar, Jakarta: Pustaka Ilmu.

Downloads

Published

2021-04-14

How to Cite

Yuswardi, Y., Zulkarnaini, I., & Rizani, F. (2021). Fitur Tata Bahasa Tenses Bahasa Inggris Menggunakan Web. Jurnal Tika, 6(01), 35–43. https://doi.org/10.51179/tika.v6i01.411