Sistem Informasi Geografis Pencarian Lokasi Spbu Berbasis Android

Authors

  • Fitri Rizani Universitas Al Muslim

DOI:

https://doi.org/10.51179/tika.v6i02.456

Keywords:

SPBU, GIS, PHP, MySQL, JQuery

Abstract

Sistem informasi geografis ini  merupakan salah satu metode aplikasi yang dirancang untuk keperluan untuk memetakan lokasi SPBU di Kabupaten Bireuen dengan penerapan teknologi komputer baik hardware maupun software sehingga seluruh informasi geografis lokasi SPBU dapat bermanfaat. Aplikasi ini dibuat menggunakan fasilitas J-Query, php dan MySQL sebagai basisdata. Sistem infomasi ini dirancang dengan diagram kontek, DFD dan ERD. Output dari sistem informasi ini memberikan informasi lokasi SPBU di Kabupaten Bireuen. Dengan adanyan sistem geografis pemetaan lokasi SPBU dapat memberika kemudahan kepada pengendara dalam pengisian bahan bakar minyak pada SPBU terdekat. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa sistem yang dikembangkan telah berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Sistem informasi geografis pencarian lokasi SPBU dapat dijalankan pada platform android. Pada sistem ini juga dapat dilakukan penambahan data SPBU baru oleh admin. Untuk saran pengembangan di masa yang akan datang, perlu ditambahkan detail mengenai tiap SPBU yang ada dalam sistem, seperti info stok BBM, info detail SPBU, info fasilitas tambahan serta jam operasional

Downloads

Download data is not yet available.

References

ANSHORI, M. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Rekomendasi Tempat Wisata Menggunakan Metode Logika Fuzzy Berbasis Teknologi Mobile (Kabupaten Banyuwangi). University of Muhammadiyah Malang.

Gunawan, I. (2019). Pembangunan Aplikasi Bike Messenger Dengan Fitur Rekomendasi Rute Alternatif Dan Penentuan Tarif Berdasarkan Elevasi Kalori Pada Smartphone Berbasis Android. Universitas Komputer Indonesia.

Rahmadi, D. D. (2019). Pembangunan Aplikasi Smartphone Berbasis Android Membantu Menjaga Kesehatan Mata Dengan Memanfaatkan Sensor Smartphone. Universitas Komputer Indonesia.

Salsabiila, K. (2019). Fungsi Smartphone Pada Mahasiswa Penyandang Tunanetra Di Kampus B Universitas Airlangga. UNIVERSITAS AIRLANGGA.

Sugiri, D., Hikmayanti, H., & Suharso, A. (2019). RANCANG BANGUN APLIKASI KAMUS SUNDA-INDONESIA DENGAN METODE BINARY SEARCH BERBASIS ANDROID. Techno Xplore: Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, 4(1), 1-14.

Sulistio, B., Lutfi, S., & Ridwan, R. (2019). APLIKASI KAMUS BAHASA TALIABU BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN METODE BINARY SEARCH. JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer), 2(2), 67-72.

Wicaksono, A. C., & Nurseto, S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Fitur Produk dan Harga terhadap Niat Beli Ulang Melalui Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening (Studi pada Konsumen Smartphone Xiaomi di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(1), 34-42.

Wijaya, A., Maulana, M. F., & Danil, M. (2021). APLIKASI PENCARIAN RESEP MASAKAN KHAS BENGKULU MENGGUNAKAN ALGORITMA BINARY SEARCH BERBASIS ANDROID. Jurnal Media Infotama, 17(1).

Wijonarko, D., & Aji, R. F. (2018). Perbandingan Phonegap dan React Native Sebagai Framework Pengembangan Aplikasi Mobile. Jurnal Manajemen Informatika dan Sistem Informasi, 1(2), 1-7.

Downloads

Published

2021-06-21

How to Cite

Rizani, F. (2021). Sistem Informasi Geografis Pencarian Lokasi Spbu Berbasis Android. Jurnal Tika, 6(02), 100–106. https://doi.org/10.51179/tika.v6i02.456