Media Pembelajaran Kitab Masailal Muhtadi Berbasis Multimedia
DOI:
https://doi.org/10.51179/tika.v8i2.2117Kata Kunci:
Aplikasi, Kitab Masailal Muhtadi, Adobe Flash Cs 6Abstrak
Penelitian ini adalah untuk mengembangkan aplikasi pembelajaran kitab masailal berbasis multimedia menggunakan adobe flash cs 6 sebagai pendukung pembelajaran kitab masailal. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research and Development). Tempat penelitian di TPQ Zakiyatul Athfal Mane Tunong. Obyek penelitian ini berupa aplikasi alat bantu pembelajaran kitab masailal berbasis multimedia menggunakan macromedia flash. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif kualitatif yang diungkapkan dalam uraian. Uji kelayakan yang dikembangkan aplikasi alat bantu pembelajaran kitab masailal berbasis multimedia menggunakan macromedia flash ini sangat layak digunakan, karena dapat digunakan menggunakan Hp Andoid.
Unduhan
Referensi
Fitri, Z., Akbar, M. Z., & Ula, M. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Blended Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Di Smkn 3 Lhokseumawe. JURNAL SISTEM INFORMASI, 5(1).
Iqbal Musyaffa. (2022). Metode Pengembangan RAD (Rapid Application Development). Blog. https://agus-hermanto.com/blog/detail/metode-pengembangan-rad-rapid-application-development
Li, Q., & Chen, Y.-L. (2009). Data flow diagram. In Modeling and Analysis of Enterprise and Information Systems (pp. 85–97). Springer.
Nur, L. M. (2015). Profil Balai Pengajian Ummi Gampong Aree Kecamatan Delima Kabupaten Pidie. Intelektualita, 2(1).
Panji Novantara, M. T., Abbas, C. J., Kom, M., & others. (2016). RANCANG BANGUN APLIKASI MULTIMEDIA INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PROMOSI PARIWISATA KOTA CIREBON MENGGUNAKAN ADOBE FLASH (Studi Kasus: Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Cirebon). JEJARING: Journal of Technology and Informatics Management, 1(1).
Praheto, B. E. (2022). Multimedia Pembelajaran (B. E. Praheto, Ed.; 1st ed.). UST-Press Yogyakarta.
Purwati, Y., Laksono, T. K. J., Suliswaningsih, D. K., & Krisbiantoro, D. (2021). Video Animasi Matematika Dasar Menggunakan Metode Jarimatika (Studi Kasus: TK YWKA II Purwokerto). RESEARCH: Journal of Computer, Information System & Technology Management, 4(2), 90–100.
Robin, L. (2001). Kitab Suci Komputer dan Multimedia. Alberta.
Sastroasmoro S., I. S. (2013). Dasar- Dasar Metodologi Penelitian Klinis. Sagung Seto.
Soulfitri, F. (2019). Perancangan Data Flow Diagram Untuk Sistem Informasi Sekolah (Studi Kasus Pada Smp Plus Terpadu). Ready Star, 2(1), 240–246.
Susilo, M. (2018). Rancang Bangun Website Toko Online Menggunakan Metode Waterfall. InfoTekJar: Jurnal Nasional Informatika Dan Teknologi Jaringan, 2(2), 98–105.
Vaughan, T. (2014). Multimedia : Making it Work (E. Webb, Ed.; 9th ed.). Mc Graw Hill.
Virginia, Virginia, Jeanny Pragantha, D. A. H. (2020). PEMBUATAN GAME PARTY MULTIPLAYER 2D “ARCATE MANIA” PADA PLATFORM PC. Jurnal Ilmu Komputer Dan Sistem Informasi (JIKOMSI), 8(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24912/jiksi.v8i2.11540
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Muhammad Iqbal
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.