Simulasi Gerak Gajah Dengan Menggunakan Metode Pose To Pose

Penulis

  • T. Rafli Abdillah Fakultas Ilmu Komputer Universitas Almuslim Bireuen - Aceh

DOI:

https://doi.org/10.51179/tika.v6i02.546

Kata Kunci:

pose to pose, 12 Animation Principle, Inbetween, Extreme Pose, 3D

Abstrak

Membuat sebuah film animasi melibatkan prosedur yang cukup panjang agar menghasilkan kualitas yang baik. Memiliki alur produksi yang teratur dan sesuai jadwal tentu sangat mutlak dibutuhkan. Dalam proses produksi gerakan dalam animasi baik 2D atau 3D membutuhkan teknik yang  tepat agar dapat sesuai dengan perencanaan. Pose to pose  merupakan salah satu dari 12 prinsip animasi yang digunakan animator agar menghasilkan gerakan yang halus dan lebih efisien dalam pengerjaannya jika dibandingkan gerakan menggunakan teknik straight ahead. Hasil yang didapatkan yaitu pose to pose pada gerakan gajah yang nantinya dapat dijadikan referensi animator membuat animasi dengan software animasi blender 3D

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Angga Firmansyah, M. P. (2013). Pembuatan Film Animasi 2D Menggunakan Metode Frame by Frame Berjudul "Kancil dan Siput", Jurnal Informatika Vol 14 No.4 Yogyakarta. STMIK AMIKOM.

Aski Satriawan, M. E. (2016). Analisis dan Pembuatan Rigging Karakter 3D pada Animasi 3D "Jangan Bohong Dong". Jurnal Teknik Informatika Volume 9. Batam. Politeknik Negeri Batam.

Beane Andy (2012). 3D Animation Essentials. dan Penerbit Wiley John dan Sons,Inc., Indianapolis.

Chronister James (2017). Blender Basics Classroom Tutorial Book. 5th Edition. Blender.org

Faizal, M. A. (2011). Software Blender untuk Modeling 3 Dimensi.

Nainggolan, H. (2017). Perancangan Animasi Wayang Pandawa Lima dalam Lakon Pilkada dengan Menggunakan Pose to Pose. Jurnal Teknik Informatika Volume 12. Medan. STMIK Budi Darma.

Priyatmono, Dody. (2013, Aug 29) Proses Pemuatan Karya Animasi online. Available: http : //www.dodyanimation.com/2013/08/29/proses-pemuatan-karya-animasi/.

Roberts Steve Roberts (2011). Character Animation Fundamentals Developing Skills for 2D and 3D Character Animation. dan Penerbit Elsevier Ltd. Singapore.

Salmon, S. F. (2017). Penggunaan Metode Pose to Pose dalam Pembuatan Animasi 3D Tarian Minahasa Maengket. Jurnal Teknik Informatika Volume 12. Manado. Universitas Sam Ratulangi Manado.

Victor Waeo, A. S. (2016). Implementasi Gerakan Manusia Pada Animasi 3D dengan Menggunakan Menggunakan Metode Pose to pose. Jurnal Teknik Informatika Volume 9. Manado. Universitas Sam Ratulangi Manado.

Diterbitkan

23-06-2021

Cara Mengutip

Abdillah, T. R. (2021). Simulasi Gerak Gajah Dengan Menggunakan Metode Pose To Pose. Jurnal Tika, 6(02), 200–204. https://doi.org/10.51179/tika.v6i02.546