Optimasi Proses Produksi Animasi 3d Dengan Menggunakan Metode Controller Rigging Wajah
DOI:
https://doi.org/10.51179/tika.v6i03.812Kata Kunci:
Animasi 3D, Controller Rigging, Karakter 3D, Upin Ipin, Optimasi Proses ProduksiAbstrak
Salah satu bidang teknologi komputer yang saat ini berkembang pesat adalah bidang multimedia. Multimedia merupakan teknologi yang menggabungkan text, gambar, audio, video dan animasi dalam menyajikan informasi. Berbeda dengan teknologi informasi yang hanya menyajikan informasi berupa text dan huruf. Salah satu teknologi multimedia ang sedang berkembang dan banyak digunakan dalam berbagai sektor kehidupan masyarakat adalah teknologi 3D. Saat ini teknologi 3D banyak diterapkan dalam film kartun seperti Upin dan Ipin. Namun dalam proses produksinya, film kartun berbasis 3 Dimensi masih ditemukan berbagai kendala, salah satunya adalah waktu produksi yang lama yang diakibatkan dari tahapan proses mulai dari pembuatan model hingga proses animate. Dalam penelitian ini membahas teknik rigging menggunakan controller yang dapat digunakan dalam mempersingkat waktu proses produksi film animasi berbasis 3 Dimensi. Controller rigging yang dikembangkan dapat digunakan untuk menganimasikan ekspresi yang ada pada karakter 3D Upin dan Ipin mencakup ekspresi senang, sedih, marah, takut dan terkejut. Adapun hasil yang didapatkan yaitu dengan menggunakan controller rigging, waktu proses penganimasian ekspresi karakter 3D lebih cepat 8 kali dibandingkan tanpa menggunakan controller rigging
Unduhan
Referensi
ASLAH, T. Y. & WOWOR, H. F. 2017. Perancangan Animasi 3D Objek Wisata Museum Budaya Watu Pinawetengan. Jurnal Teknik Informatika, 11.
FAUZI, M. 2019. Penggunaan tekhnik blueprint pada pemodelan objek 3d. JTIK (Jurnal Teknik Informatika Kaputama), 3, 35-41.
FITRIANSYAH, A., SIBUEA, S. & AGUSTINO, R. 2019. Cara Belajar Efektif Bagi Siswa Dengan Metode Trance Learning Berbasis Teknologi Multimedia. Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin, 1, 41-47.
HANAFRI, M. I., GUSTOMI, L. F. & SUSANTI, H. 2018. Pengembangan Iklan Layanan Masyarakat Berbasis Animasi 2D Pada BPJS Ketenagakerjaan. JURNAL SISFOTEK GLOBAL, 8.
MOHID, S. Z., RAMLI, R., RAHMAN, K. A. & SHAHABUDIN, N. N. Teknologi multimedia dalam pendidikan abad 21. 5th International Research Management & Innovation Conference, Putrajaya, Malaysia, 2018.
NOVITASARI, K. 2019. Penggunaan Teknologi Multimedia Pada Pembelajaran Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 3, 50-56.
OKTAVIANI, L. & DHARMA, I. P. S. 2020. Optimalisasi Kemampuan Guru Menguasai Teknologi Multimedia dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar Kecamatan Baturiti. Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat), 3, 85-92.
SALMON, S. F., TULENAN, V. & SUGIARSO, B. A. 2017. Penggunaan Metode Pose to Pose dalam Pembuatan Animasi 3D Tarian Minahasa Maengket. Jurnal Teknik Informatika, 12.
SEPTIAN, D., FATMAN, Y. & NUR, S. 2021. IMPLEMENTASI MDLC (MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE) DALAM PEMBUATAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN KITAB SAFINAH SUNDA. Jurnal Computech & Bisnis, 15, 15-23.
SIMARMATA, J. 2018. TEKNOLOGI MULTIMEDIA DALAM PENDIDIKAN. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN, 7.
SRIASIH, N. K., DARMAWIGUNA, I. G. M. & KESIMAN, M. W. A. 2020. PENGGUNAAN PRINSIP STAGING DALAM PROSES PEMBUATAN FILM ANIMASI 3D PROFIL I GUSTI KETUT JELANTIK SANG PAHLAWAN NASIONAL. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 9, 78-87.
ZEBUA, T., NADEAK, B. & SINAGA, S. B. 2020. Pengenalan Dasar Aplikasi Blender 3D dalam Pembuatan Animasi 3D. Jurnal ABDIMAS Budi Darma, 1, 18-21.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 T. Rafli Abdillah
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.