Sistem Informasi Pengelolaan Surat Di Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (Uniki) Berbasis Web
DOI:
https://doi.org/10.51179/tika.v7i1.1123Kata Kunci:
Sistem Informasi, Pengelolaan Surat, PHP, MySQL, Disposisi SuratAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem informasi pengelolaan pada Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI). Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan wawancara. Penelitian diawali dengan identifikasi masalah, studi literature, pengumpulan data yang dilakukan melalui aktifitas observasi secara detail dan wawancara dengan pihak yang terlibat serta mengumpulkan berbagai dokumen terkait. Langkah berikutnya melakukan analisis kebutuhan, dilakukan dengan membuat dokumentasi kebutuhan sistem yang akan dibangun serta merancang dan mengimplementasikannya menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL, kemudian dilakukan pengujian, meliputi proses pengujian dengan data riil yang sudah ada guna menemukan kesalahan antarmuka, penulisan kode program, dan algoritma program. Sistem pengelolaan surat ini memiliki item seperti klasifikasi surat, surat internal, data surat masuk, data surat keluar dan disposisi surat, sistem ini membuat pengelolaan surat dan pengarsipan lebih efektif.
Unduhan
Referensi
Homepage, J., Bakhri, S., & Arif, M. F. (2021). SATIN-Sains dan Teknologi Informasi Penerapan Model Waterfall Pada Rancang Bangun Sistem Informasi Pengelolaan Surat Keterangan Usaha. https://doi.org/10.33372/stn.v7i2.760
Inventaris, P., Kantor, A., & Pt, D. I. (2021). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB. 7(3), 229–241.
Pengarsipan, D. A. N., Kantor, P., Daha, K., Iinformatika, T., Informasi, T., Islam, U., Muhammad, K., Al, A., Banjarmasin, B., Iinformatika, T., Informasi, T., Islam, U., Muhammad, K., Al, A., Banjarmasin, B., Iinformatika, T., Informasi, T., Islam, U., & Muhammad, K. (n.d.). Sistem informasi pengelolaan keuangan, inventaris dan pengarsipan pada kantor kecamatan daha selatan kabupaten hulu sungai selatan.
Siregar, V. M. M., & Siagian, N. F. (2021). Sistem Informasi Front Office Untuk Peningkatan Pelayanan Pelanggan Dalam Reservasi Kamar Hotel. Jurnal Teknik Informasi Dan Komputer (Tekinkom), 4(1), 77–82. https://doi.org/10.37600/tekinkom.v4i1.279
Susanto, A., Septiani, N. W. P., & Lestari, M. (2021). Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Surat Masuk Surat Keluar dan SPPD Dikelurahan Jatijajar. Jurnal Riset Dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI), 2(01), 8–14. https://doi.org/10.30998/jrami.v2i01.590
Tristianto, C. (2018). Penggunaan Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Monitoring Dan Evaluasi Pembangunan Pedesaan. Jurnal Teknologi Informasi ESIT, XII(01), 7–21.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Zakial Vikki, Chaeroen Niesa
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.