Aplikasi Pemantauan Kesehatan Pada Lansia Resiko Tinggi Menggunakan Algoritma Genetika Berbasis Smartphone Android Di Rumah Sakit Cut Mutia Lhokseumawe

Penulis

  • Rizki Setiawan Universitas Malikussaleh
  • angga pratama Universitas Malikussaleh
  • Ananda Faridhatul Ulva Universitas Malikussaleh

DOI:

https://doi.org/10.51179/tika.v7i2.1330

Kata Kunci:

Android, Algoritma Genetika

Abstrak

Kesehatan adalah hal yang paling utama yang harus selalu diperhatikan dikarenakan jika kesehatan memburuk maka setiap kegiatan pasti akan sulit untuk dilakukan, namun tidak jarang di karena kan beberapa kondisi kita harus jatuh sakit yang bahkan harus mendapatkan perawatan intensif sehingga membutuhkan pengawasan lebih lanjut dari pihak rumah sakit atau puskesmas terutama pada anggota keluarga yang telah lanjut usia sehingga membutuhkan perawatan dan perhatian khusus. aplikasi pemantauan kesehatan pada lansia memberikan kemudahan bagi para keluarga  dalam merawat kesehatan kepada anggota keluarga yang telah lansia dan juga  memudahkan pihak rumah sakit dalam melihat data perkembangan dari pasien. Penelitian ini tahap pembuatan tersedianya fitur pemantauan secara realtime dari pihak puskesmas atau rumah sakit untuk ke depannya dan sebagian fitur telah tersedia dan adanya sebagian fitur rekam medis secara realtime sehingga pihak rumah sakit dapat mengetahui riwayat kesehatan dari pasien secara realtime. tujuan penelitian ini adanya penerapan dan membangun aplikasi Pemantauan Kesehatan Pada Lansia Resiko Tinggi dengan Algoritma Genetika Berbasis Android. kemudian menerapkan metode algoritma genetika dalam menentukan kesehatan pada lansia resiko tinggi. menu pada aplikasi antara lain data pasien, halaman konsultasi, halaman hasil pemeriksaan, data dokter, data pasien, jenis penakit, rekam medis, penanganan, halaman keluhan, halaman profil pasien, halaman makanan sehat. Selanjutnya mempermudah pihak keluarga dan rumah sakit dalam melakukan  perawatan terhadap pasien karena ada fitur rekam medis dan fitur pemantauan pasien lansia resiko tinggi berbasis android. kemudian hasil penelitian ini adanya teknologi aplikasi kesehatan berbasis smartphone untuk aplikasi pengawasan kesehatan pada lansia yang berbasis android. terakhir untuk mempermudah anggota keluarga dan pihak puskesmas dalam melakukan pengawasan kesehatan teerhadap lansia

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amalia R., &. Huda N. 2020. “Implementasi Sistem Informasi Pelayanan Kesehatan Pada Klinik Smart Medica.” Jurnal SISFOKOM (Sistem Informasi Dan Komputer) 332–38.

Arifin D., Alafgani I. S., Silaban C., Marlinda L., &. Hayuningtyas R. Y. 2020. “Sistem Informasi Pemantauan Kesehatan Lansia.” Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh 167–72.

Dinata R. K., Safwandi S., Hasdyna N., &. Mahendra R. 2020. “Kombinasi Algoritma Brute Force Dan Stemming Pada Sistem Pencarian Mashdar.” CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) 5(2):273–78.

Dinata R. K. 2016. “Sistem Informasi Pengawasan Taman Kota Pada Dinas Pasar, Kebersihan Dan Pertamanan Kabupaten Aceh Utara.” INFORMAL: Informatics Journal 1(2):67–71.

Halawa. 2016. “Perancangan Aplikasi Pembelajaran Topologi Jaringan Komputer Untuk Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) Teknik Komputer Dan Jaringan (Tkj) Dengan Metode Computer Based Intruction.” Jurnal Riset Komputer 66–71.

Hardiansah, &. Suryono S. 2020. Panduan Praktis Membuat Aplikasi Android Dengan Android Studio (Kotlin). Yokyakarta: PT. Louwba Techno Indonesia.

Herliana1 A., Rasyid P. M. 2016. “Sistem Informasi Monitoring Pengembangan Software Pada Tahap Development Berbasis Web.” Jurnal Informatika 41–50.

Kurniawan R., Mutammimul Ula. 2020. “SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PENCARIAN RUTE TERPENDEK MENUJU RUMAH SAKIT DENGAN MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA DIJKSTRA.” JURNAL SISTEM INFORMASI.

Pratama, A., S. Fachrurrazi, and M. Ula. 2021. “Perancangan Dan Aplikasi Model Sistem Informasi Sekolah.” JURNAL SISTEM INFORMASI 5(1).

Sastroasmoro S., Ismael S. 2013. Dasar- Dasar Metodologi Penelitian Klinis. Jakarta: Sagung Seto.

Sutedja I., Bahana R. K., Manuaba I. 2020. “Perancangan Aplikasi Mobile Pertolongan Pertama Untuk Keamanan Dan Keselamatan Lansia.” Sebatik 568–73.

Ula M., Pratama A., Asbar Y., Fuadi W., Fajri R., Hardi, and R. 2021. “A New Model of The Student Attendance Monitoring System Using RFID Technology.” Journal of Physics: Conference Series 1807.

Ulva A. F., Pratama A., Silfitri Y. 2021. “Sistem Pusat Informasi Spasi Berbasis Android Studi Kasus Program Studi Sistem Informasi Universitas Malikussaleh.” Jurnal TIKA 6(3):297–304.

Unduhan

Diterbitkan

2022-08-10

Cara Mengutip

Setiawan, R., pratama, angga, & Faridhatul Ulva, A. (2022). Aplikasi Pemantauan Kesehatan Pada Lansia Resiko Tinggi Menggunakan Algoritma Genetika Berbasis Smartphone Android Di Rumah Sakit Cut Mutia Lhokseumawe. Jurnal Tika, 7(2), 204–214. https://doi.org/10.51179/tika.v7i2.1330

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama