Kemampuan Anak Penyandang Tunagrahita Dalam Mendeskripsikan Teks Menggunakan Media Flashcard Pada Siswa SLB Negeri Terpadu Bireuen

Authors

  • Defri Abdullah Universitas Almuslim
  • Ezmar Universitas Almuslim
  • Wirdatul Isnani Universitas Almuslim

Keywords:

Kemampuan, anak tunagrahita, mendeskripsikan, teks, flashcard

Abstract

Penelitian ini tentang Kemampuan anak penyandang tunagrahita dalam mendeskripsikan teks menggunakan media flashcard pada siswa SLB Negeri terpadu bireuen. Pemahaman pada anak tunagrahita dalam melihat bagaimanakah kemampuan mereka dalam mendeskripsikan teks menggunakan media flashcard dan untuk melihat bagaimanakah respon mereka terhadap pembelajaran menggunakan media tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti sebagaimana sebuah kemampuan dari anak tunagrahita dalam mendeskripsikan teks menggunakan media  flashcard. Dalam penelitian ini menggunakan populasi dari beberapa siswa SLB Negeri Terpadu Bireuen. Dalam melihat hasil kemampuan mereka, pada penelitian ini menggunakan uji T sebagai penilaian. Dari hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa kemampuan mereka lebih maksimal mendeskripsikan teks dengan melihat media yang digunakan. Adapun nilai akhir mereka berkisaran antara 80 dan 90 dengan hasil maksimal sesudah melakukan metode media flashcard jika di bandingkan dengan sebelum menggunakan metode tersebut. Jadi artinya, terdapat perubahan untuk mereka dengan penggunaan media flashcard dan bisa digunakan untuk melanjutkan untuk meningkatkan hasil pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Defri Abdullah, Ezmar, & Isnani, W. (2024). Kemampuan Anak Penyandang Tunagrahita Dalam Mendeskripsikan Teks Menggunakan Media Flashcard Pada Siswa SLB Negeri Terpadu Bireuen. Aliterasi (Jurnal Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra), 5(01), 43–50. Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/alt/article/view/2996

Most read articles by the same author(s)