Peningkatan Kemampuan Menganalisis Unsur Intrinsik Cerpen dengan Model Pembelajaran Mind Mapping pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bireuen
Keywords:
Unsur Intrinsik, CerpenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk berusaha meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan analisis unsur intrinsik cerpen melalui model pembelajaran Mind Mapping. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah RPP, Tes, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, respon siswa dengan menyebarkan angket dan catatan lapangan. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA G SMA Negeri 1 Bireuen yang berjumlah 34 orang. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah Peningkatan keterampilan menganalisis unsur intrinsik cerpen dengan model pembelajaran Mind Mapping pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bireuen. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes sedangkan data analisis dengan menggunakan rumus statistik deskriptif. Hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Bireuen dari hasil yang diperoleh dari siklus I hingga siklus II yang mencapai 3,47%. Aktivitas guru dan siswa telah menggambarkan terlaksananya model pembelajaran Mind Mapping pada konsep unsur intrinsik cerpen bahwa guru sebagai motivator mampu berperan sebagai pengntrol sedangkan siswa dapat berperan aktif dalam proses belajar mengajar sehingga terlaksananya KBM yang direncanakan. Siswa yang mengikuti KBM dengan menerapkan model pembelajaran Mind Mapping merasa senang terhadap kegiatan pembelajaran berdasarkan respon siswa yang menyatakan senang dan setuju 84% dan mereka sangat antusias untuk mengikuti pelajaran berikutnya. Maka dapat disimpulkan bahwa guru dapat menganalisis unsur intrinsik cerpen dengan model Mind Mapping dan dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam KBM.