Keefektifan Model Pembelajaran Picture and Picture Pada Anak Penyandang Tunagrahita Dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran di SLB Negeri Terpadu Bireuen

Authors

  • Ullia Safarina Universitas Almuslim
  • Ezmar Universitas Almuslim
  • Wirdatul Isnani Universitas Almuslim

Keywords:

Keefektifan, Model Pembelajaran Picture and Picture, Anak Tunagrahita, Hasil Pembelajaran

Abstract

Penerapan model pembelajaran dapat membantu dalam peningkatan hasl belajar. Pemilihan model pembelajaran dan strategi pembelajaran yang baik akan membuat peserta didik lebih mudah memahami dan cepat merespon pada saat proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini meneliti tentang keefektifan model pembelajaran picture and picture bagi anak penyandang tunagrahita dalam meningkatkan hasil pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan model pembelajaran picture and picture bagi anak penyandang tunagrahita pada saat proses pembelajaran berlangsung dalam meningkatkan hasil belajarnya. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa SLB Negeri Terpadu Bireuen kelas 2. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pre-test dan post-test Dari hasil penelitian menunjukkan terdapat keefektifan penggunaan model pembelajaran picture and picture dengan nilai korelasi 0,0945 dengan korelasi sempurna dan nilai hasil uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai t-hitung 2,887>t-tabel 2,353. Artinya penggunaan model pembelajaran picture and picture efektif dalam meningkatkan hasil pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Ullia Safarina, Ezmar, & Isnani, W. (2024). Keefektifan Model Pembelajaran Picture and Picture Pada Anak Penyandang Tunagrahita Dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran di SLB Negeri Terpadu Bireuen. Aliterasi (Jurnal Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra), 5(01), 51–58. Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/alt/article/view/2998

Most read articles by the same author(s)