KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR TEKS PROSEDUR PADA SISWA KELAS VII SMPN 2 JEUNIB

Authors

  • TUTIAWATI UNIVERSITAS ALMUSLIM
  • Nia Astuti Universitas Almuslim
  • Muhammad Darwis Universitas Almuslim

Keywords:

keefektifan media, komik digital, teks prosedur

Abstract

Permasalahan mendasar di SMPN 2 Jeunib adalah rendahnya prestasi belajar siswa dalam memahami teks proses dan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang inovatif dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Mengetahui efektivitas media pembelajaran digital dalam mengembangkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam mengaplikasikan teks prosedur. 2. Mengidentifikasi perubahan hasil belajar siswa dalam proses penyusunan setelah menggunakan media pembelajaran digital. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan desain pra-eksperimen. Responden penelitian ini adalah 19 siswa kelas VII/I SMPN 2 Jeunib. Pengumpulan data pretest dan posttest, dan analisis data menggunakan Uji Normalitas dan Paired-Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat pembelajaran komik digital meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami teks prosedur. Setelah intervensi, hanya 68.15% siswa mencapai ketuntasan pada pretest; namun, setelah intervensi, persentase ketuntasan meningkat menjadi 85.52% pada posttest. Nilai p untuk pretest adalah 0,453, dan nilai p untuk posttest adalah 0,062. Uji paired-sample t menghasilkan nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0.000, menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat secara signifikan setelah menggunakan komik digital. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa komik digital membantu siswa belajar lebih banyak tentang materi teks prosedur.

Kata kunci: Komik Digital, Teks Prosedur

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

TUTIAWATI, Nia Astuti, & Muhammad Darwis. (2024). KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR TEKS PROSEDUR PADA SISWA KELAS VII SMPN 2 JEUNIB. Aliterasi (Jurnal Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra), 4(02), 41–47. Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/alt/article/view/2338

Most read articles by the same author(s)