Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching dalam Materi Menulis Teks Argumentasi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Peusangan
Keywords:
quantum teaching, menulis teks argumentasiAbstract
Penelitian ini didasari oleh adanya permasalahan yaitu siswa kurang aktif dalam belajar, mereka tidak memperhatikan pelajaran yang diberikan oleh guru sehingga hasil belajar pada pembelajaran bahasa indonesia khususnya materi menulis teks argumentasi masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan data tentang penerapan model pembelajaran quantum teaching dalam materi menulis teks argumentasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Peusangan. Pendekatan yang digunakan dalam penelilian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitaitif eksperimen. Rancangan yang akan di gunakan pada penelitian ini yaitu kuasi eksperimen. Kuasi eksperimen ini mempunyai dua bentuk design yaitu pomest only control design dan pretesl-posttest control group design, tapi yang di gunakan disini adalah pretes-posttest control group design. Adapun populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Peusangan terdiri atas 2 kelas paralel dengan jumlah siswa 50 orang siswa. Sampel penelitian ini adalah 50 orang dari 2 kelas paraler yang diamhil secara teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penulis mendapatkan hasil, bahwa model quantum teaching sangat efektif dan tepat dalam materi menulis teks argumentasi, dengan hasil rata-rata yaitu kelas eksperimen memperoleh nilai 77,68 dan kelas kontrol memperoleh nilai 69,6. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh nilai 2,09 penulis berpedoman ada table distribusi student taraf signifikan 0,05 diperoleh = 1,68 atau dengan kata lain . Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa menulis teks argumentasi yang diajarkan dengan model pembelajaran quantum teaching lebih bagus dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang telah diajarkan menggunakan metode konvesional.
Kata kunci: quantum teaching, menulis teks argumentasi.