Penggunaan Aplikasi Digital Google Cardboard sebagai Media Stimulus dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Deskripsi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalam menulis teks deskripsi dengan menggunakan media aplikasi digital Google Cardboard sebagai stimulusnya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A MTsN 2 Aceh Utara yang berjumlah 24 siswa dengan sistem pemberlajaran terbagi atas dua shift. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan observasi. Penelitian ini dilakukan dengan prosedur sebanyak dua siklus. Setiap siklus melalui empat tahapan berupa tahap perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan, (observing) dan refleksi (reflecting). Hasil penelitian menunjukkan bahwa saat proses pembelajaran berlangsung tercipta pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered). Hal ini terlihat dari persentase ketuntasan belajar siswa siklus I yaitu rata-rata 64.5 dengan presentase tingkat ketuntasannya sebesar 33%, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan dengan rata-rata 85,5 dan presentase ketuntasanannya 92% dengan kategori nilai sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Google Cardboard dalam pembelajaran dapat menjadi stimulus yang baik untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis teks deskripsi.