A PENGGUNAAN APLIKASI DIGITAL GOOGLE CARDBOARD SEBAGAI MEDIA STIMULUS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI

Penulis

  • Alpin Suhadi MTsN 2 Aceh Utara
  • Retno Purwaningsih Man 3 Aceh Utara

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalam menulis teks deskripsi dengan menggunakan media aplikasi digital Google Cardboard sebagai stimulusnya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A MTsN 2 Aceh Utara yang berjumlah 24 siswa dengan sistem pemberlajaran terbagi atas dua shift. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan observasi.Prosedur  penelitian ini  dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus  terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan, (observing) dan refleksi (reflecting).Hasil penelitian menunjukkan bahwa saat proses pembelajaran berlangsung tercipta pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered). Hal ini terlihat dari persentase ketuntasan belajar siswa siklus I yaitu rata-rata 64.5 dengan presentase ketuntasan sebesar 33%, pada siklus II rata-rata 84.5 dengan presentase ketuntasan menjadi 92% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Google Cardboard dalam pembelajaran dapat menjadi stimulus yang baik untukmeningkatkan kemampuan siswa menulis teks deskripsi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2023-09-30

Cara Mengutip

Suhadi, A., & Purwaningsih, R. (2023). A PENGGUNAAN APLIKASI DIGITAL GOOGLE CARDBOARD SEBAGAI MEDIA STIMULUS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI . Aliterasi (Jurnal Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra), 4(1), 16–25. Diambil dari http://journal.umuslim.ac.id/index.php/alt/article/view/2172