Implementasi Media Film Pendek Animasi Covid-19 dalam Materi Menulis Naskah Drama
Keywords:
film pendek animasi Covid-19, naskah dramaAbstract
Penelitian yang berjudul “Implementasi Media Film Pendek Animasi Covid-19 Dalam Materi Menulis Naskah Drama Pada Siswa Kelas XI MAN 7 Bireuen”bertujuan untuk mendeskripsikan data tentang perbedan hasil belajar siswa melalui implementasi media film pendek animasi covid-19 dengan hasil belajar siswa melalui media berbasis cetakan dalam menulis naskah drama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimental. Sampel dalam penelitian ini kelas XI IPA dan XI Agama dengan masing-masing kelas 15 siswa. Pengumpulan data menggunakan pre-test dan post-test. Teknis analisis data menggunakan 1) uji normalitas 2) uji homogenitas dan 3) Uji hipotesis. Hasil penelitian diperoleh t hitung > t tabel yaitu 3,69 > 1,70. Dengan demikian (Ho) ditolak dan (Ha) diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa melalui implementasi media film animasi Covid-19 dengan hasil belajar siswa melalui media berbasis cetakan dalam menulis naskah drama pada siswa kelas XI MAN 7 Bireuen.