Kemampuan Siswa Kelas VIII SMP IT Muhammadiyah Gandapura Dalam Menulis Teks Eksplanasi Dengan Menggunakan Media Gambar dan Metode Discovery Learning

Authors

  • Fitria Universitas Almuslim
  • Ezmar
  • Yuhafliza

Keywords:

kemampuan, menulis, teks eksplanasi, Media Gambar, metode discovery learning

Abstract

Penelitian ini berjudul ” Kemampuan Siswa Kelas VIII SMP IT Muhammadiyah Gandapura dalam Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Gambar dan Metode Discovery Learning.” Tujuan penelitian ini untuk memperoleh informasi dan mendeskripsikan data tentang Kemampuan Siswa Kelas VIII SMP IT Muhammadiyah Gandapura dalam Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Gambar dan Metode Discovery Learning Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitafif dan pendekatan deskriptif. Adapun sumber data peneltian ini adalah siswa kelas VIII SMP IT Muhammadiyah Gandapura yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan dilakukan dengan teknik tes. Teknik analisis data dilakukan dengan menghitungkan nilai rata-rata (mean). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perolehan nilai rata-rata yaitu 72. Hal ini menunjukkan bahwa siswa kelas VIII SMP IT Muhammadiyah Gandapura menulis belum mampu menulis teks eksplanasi. Siswa yang memperoleh nilai pada rentang nilai rata-rata adalah 9 orang atau 28,12%, siswa yang memperoleh nilai di atas nilai rata-rata adalah 10 orang atau 31,25%, siswa yang memperoleh nilai di bawah nilai rata-rata adalah 13 orang atau 40,63%. Hal ini menunjukkan bahwa lebih banyak siswa yang memperoleh nilai di bawah nilai rata-rata dibandingkan dengan siswa yang memperoleh nilai di atas nilai rata-rata dengan persentasenya adalah 40,63%:28,12%.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Fitria, Ezmar, & Yuhafliza. (2024). Kemampuan Siswa Kelas VIII SMP IT Muhammadiyah Gandapura Dalam Menulis Teks Eksplanasi Dengan Menggunakan Media Gambar dan Metode Discovery Learning. Aliterasi (Jurnal Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra), 5(01), 59–66. Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/alt/article/view/3040

Most read articles by the same author(s)