Penerapan Media Powerpoint Interaktif untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Teks Argumentasi Kelas Xi di Smk Negeri 5 Yogyakarta

Authors

  • Erina Fauziyatul Afifah Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
  • Rishe Purnama Dewi Universitas Sanata Dharma
  • Diahningtias Windayani Universitas Sanata Dharma

Keywords:

media Powerpoint interaktif, motivasi belajar, pembelajaran argumentasi, siswa SMK

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan penggunaan media Powerpoint interaktif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran teks argumentasi di kelas XI SMK Negeri 5 Yogyakarta. Berdasarkan observasi awal, siswa menunjukkan rendahnya minat dan motivasi dalam mempelajari materi argumentasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan melibatkan siswa kelas XI Tekstil A. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Powerpoint interaktif mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik, terbukti dengan peningkatan partisipasi dan antusiasme peserta didik dalam pembelajaran. Powerpoint interaktif dipilih karena, media ini tidak hanya membuat pembelajaran lebih menarik, tetapi juga relevan dengan karakteristik dan gaya belajar siswa SMK.

 

Kata Kunci: media Powerpoint interaktif, motivasi belajar, pembelajaran argumentasi, siswa SMK.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Erina Fauziyatul Afifah, Rishe Purnama Dewi, & Diahningtias Windayani. (2024). Penerapan Media Powerpoint Interaktif untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Teks Argumentasi Kelas Xi di Smk Negeri 5 Yogyakarta . Aliterasi (Jurnal Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra), 5(01), 10–14. Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/alt/article/view/2969