Penerapan Asessmen Formatif melalui Padlet untuk Mengidentifikasi Video Musikalisasi Puisi di SMK N 5 Yogyakarta

Penulis

  • Aristia Fatmawati Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
  • Rishe Purnama Dewi Universitas Sanata Dharma
  • Diahningtias Windayani Universitas Sanata Dharma

Kata Kunci:

Asessmen formatif, padlet, video, musikalisasi puisi

Abstrak

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keragaman kemampuan belajar yang dimiliki oleh siswa kelas XI Kulit A di SMK N 5 Yogyakarta. Asessmen formatif secara berkelompok dapat dilakukan untuk mengantisipasi keberagaman kemampuan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan asesmen formatif melalui platform Padlet dalam identifikasi video musikalisasi puisi di SMK N 5 Yogyakarta. Asesmen formatif adalah strategi evaluasi yang dirancang untuk memberikan umpan balik yang konstruktif selama proses belajar, dengan tujuan meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa. Padlet, sebagai alat digital berbasis web, menawarkan kemudahan dalam kolaborasi dan interaksi visual yang mendukung proses belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus untuk menganalisis bagaimana Padlet diterapkan dalam asesmen formatif pada mata pelajaran seni. Subjek penelitian terdiri dari siswa dan guru di SMK N 5 Yogyakarta yang terlibat dalam proyek musikalisasi puisi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen video yang diunggah di Padlet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Padlet dalam asesmen formatif memfasilitasi interaksi yang lebih dinamis antara siswa dan guru, mempercepat umpan balik, dan mendorong keterlibatan aktif siswa dalam proses evaluasi. Siswa dapat dengan mudah mengunggah video musikalisasi puisi mereka, menerima komentar langsung dari guru dan rekan, serta melakukan revisi berdasarkan umpan balik yang diterima. Guru juga menemukan bahwa Padlet memudahkan dalam melacak perkembangan dan memberikan umpan balik secara efisien.

 

Kata Kunci: Asessmen formatif, padlet, video, musikalisasi puisi

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2024-09-30

Cara Mengutip

Aristia Fatmawati, Rishe Purnama Dewi, & Diahningtias Windayani. (2024). Penerapan Asessmen Formatif melalui Padlet untuk Mengidentifikasi Video Musikalisasi Puisi di SMK N 5 Yogyakarta . Aliterasi (Jurnal Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra), 5(01), 1–9. Diambil dari http://journal.umuslim.ac.id/index.php/alt/article/view/2967

Artikel Serupa

1 2 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama