Penerapan Pendekatan Experiental learning pada Materi Teks Laporan Hasil Obseravasi (LHO) untuk Meningkatkan Hasil Berlajar Siswa Kelas X Logam B di SMK Negeri 5 Yogyakarta

Penulis

  • Haikal Novendra Alfanzani Universitas Sanata Dharma
  • Rishe Purnama Dewi Universitas Sanata Dharma
  • Diahningtias Windayani Universitas Sanata Dharma

Kata Kunci:

experiental learning, hasil belajar, PTK, teks laporan hasil observasi

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas X Logam B pada materi teks laporan hasil observasi (LHO) di SMK Negeri 5 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) . Pendekatan experiental learning dipilih sebagai solusi atas rendahnya hasil belajar siswa. Melalui observasi dan siklus pembelajaran, peneliti menganalisis data secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada ketuntasan belajar siswa dari 8% (pra-siklus) menjadi 57% (siklus I) dan 83% (siklus II). Hal ini membuktikan bahwa penerapan pendekatan experiental learning efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi teks laporan hasil observasi. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan pembelajaran yang lebih aktif dan berpusat pada siswa.

 

Kata Kunci: experiental learning, hasil belajar, PTK, teks laporan hasil observasi

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2024-09-30

Cara Mengutip

Novendra Alfanzani, H., Rishe Purnama Dewi, & Diahningtias Windayani. (2024). Penerapan Pendekatan Experiental learning pada Materi Teks Laporan Hasil Obseravasi (LHO) untuk Meningkatkan Hasil Berlajar Siswa Kelas X Logam B di SMK Negeri 5 Yogyakarta. Aliterasi (Jurnal Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra), 5(01), 22–28. Diambil dari http://journal.umuslim.ac.id/index.php/alt/article/view/2968

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.