Penerapan Pendekatan Experiental learning pada Materi Teks Laporan Hasil Obseravasi (LHO) untuk Meningkatkan Hasil Berlajar Siswa Kelas X Logam B di SMK Negeri 5 Yogyakarta

Authors

  • Haikal Novendra Alfanzani Universitas Sanata Dharma
  • Rishe Purnama Dewi Universitas Sanata Dharma
  • Diahningtias Windayani Universitas Sanata Dharma

Keywords:

experiental learning, hasil belajar, PTK, teks laporan hasil observasi

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas X Logam B pada materi teks laporan hasil observasi (LHO) di SMK Negeri 5 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) . Pendekatan experiental learning dipilih sebagai solusi atas rendahnya hasil belajar siswa. Melalui observasi dan siklus pembelajaran, peneliti menganalisis data secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada ketuntasan belajar siswa dari 8% (pra-siklus) menjadi 57% (siklus I) dan 83% (siklus II). Hal ini membuktikan bahwa penerapan pendekatan experiental learning efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi teks laporan hasil observasi. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan pembelajaran yang lebih aktif dan berpusat pada siswa.

 

Kata Kunci: experiental learning, hasil belajar, PTK, teks laporan hasil observasi

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Novendra Alfanzani, H., Rishe Purnama Dewi, & Diahningtias Windayani. (2024). Penerapan Pendekatan Experiental learning pada Materi Teks Laporan Hasil Obseravasi (LHO) untuk Meningkatkan Hasil Berlajar Siswa Kelas X Logam B di SMK Negeri 5 Yogyakarta. Aliterasi (Jurnal Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra), 5(01), 22–28. Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/alt/article/view/2968