Penerapan Teaching At The Right Level dengan Media Vik.Kompas dan Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Teks Argumentasi
Keywords:
bahasa Indonesia, hasil belajar, Teaching at The Right LevelAbstract
Karakteristik siswa SMK Negeri 5 Yogyakarta yang lebih menyukai pembelajaran praktik dibandingkan pembelajaran teori menimbulkan permasalahan pada pembelajaran teori. Siswa tidak memperhatikan bahasa Indonesia karena menganggap bahasa Indonesia ialah mata pelajaran yang membosankan, mudah, dan tidak menarik. Hal tersebut berpengaruh terhadap capaian hasil belajar yang belum maksimal. Solusi untuk permasalahan tersebut ialah menerapkan pendekatan TaRL dengan media VIK.Kompas dan video untuk meningkatkan capaian hasil belajar siswa. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan melalui pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian tindakan kelas dilakukan melalui tiga tahap yaitu pra siklus, siklus 1, dan 2 melalui tahap menyusun rencana, melaksanakan, mengobservasi, dan merefleksi. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui kegiatan observasi, melakukan tes, dan mendokumentasi data. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa yang meningkat setelah mengimplementasikan Teaching at The Right Level dengan media VIK.Kompas dan video dalam pembelajaran teks argumentasi kelas XI. Capaian hasil belajar siswa meningkat, diketahui dari nilai tertinggi pada ketiga tahapan yaitu nilai 78, 86, dan 100. Tingkat ketuntasan siswa meningkat dari 54%, 62%, dan tahap akhir mencapai 81%.
Kata Kunci: bahasa Indonesia, hasil belajar, Teaching at The Right Level