Implementasi Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Menggunakann Multimedia dalam Pembelajaran Menulis Esensi Debat pada Siswa Kelas X MAN 2 Bireuen
Keywords:
think talk write, multimedia, menulis esensi debatAbstract
Menulis esensi debat merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa. Oleh sebab itu, untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis esensi debat memerlukan pelatihan dan bimbingan menulis dari guru agar pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Namun pada kenyataannya siswa masih memiliki hambatan dalam menulis esensi debat, hal ini mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa di MAN 2 Bireuen. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan data tentang perbedaan hasil belajar siswa melalui implementasi model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan menggunakan multimedia dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran konvensional dalam menulis esensi debat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 2 Bireuen tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 7 kelas dengan jumlah 156 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X Mia 3 sebanyak 24 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X Mia 2 sebanyak 24 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan pre-test dan post-test. Teknik analisis data menggunakan 1) uji normalitas 2) uji homogenitas dan 3) uji hipotesis. Hasil penelitian diperoleh t hitung > t tabel yaitu 1,75 > 1,68, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa melalui implementasi model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan menggunakan multimedia dengan siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran menulis esensi debat pada siswa kelas X MAN 2 Bireuen.