UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENYESUAIAN MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CTL DI KELAS VI SD N 2 JANGKA

Authors

  • Faizah
  • Nova Novita

DOI:

https://doi.org/10.51179/vrs.v13i3.858

Keywords:

hasil belajar, model pembelajaran CTL, penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungannya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungannya di kelas VI SD N 2 Jangka. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang terdiri atas dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali tindakan pembelajaran, dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Setiap akhir siklus dilaksanakan tes akhir siklus untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa disetiap siklus, serta pada akhir pembelajaran siklus I dan siklus II diberikan angket kepada siswa untuk mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Adapun sumber data penelitian adalah siswa kelas VI SD N 2 Jangka yang berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data berupa: 1) tes berbentuk pilihan ganda, untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VI SD N 2 Jangka pada materi penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungannya; 2) observasi, untuk mencatat peristiwa yang terjadi saat pelaksanaan tindakan; dan 3) angket, untuk memperoleh gambaran mengenai sikap dan tanggapan siswa terhadap pelajaran. Analisis data dilakukan dengan analisis statistik sederhana. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan guru di kelas VI SD diperoleh nilai rata-rata siklus I sebesar 64%, karena belum mencapai kriteria yang ditetapkan maka siklus dilanjutkan. Lalu, pada siklus II meningkat menjadi 89% dan telah mencapai kriteria yang ditetapkan. Hasil Observasi siklus I terhadap aktivitas guru diperoleh persentase 81% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 90%. Sedangkan dari pihak siswa pada siklus I yaitu 82% menjadi 93% pada siklus II. Respon siswa senang belajar dengan model CTL menyatakan 89% dan siswa yang tidak senang belajar menyatakan 11%. Maka, model pembelajaran CTL pada materi penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungannya mendapat respon yang baik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Faizah

1Dosen Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Almuslim

Nova Novita

2Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Almuslim

Downloads

Published

2022-01-11

Issue

Section

Artikel Penelitian (Research articles)