ANALISIS KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN DI KELAS XI MAN 3 BIREUEN
DOI:
https://doi.org/10.51179/vrs.v13i3.859Keywords:
hasil belajar, kreativitas belajar, mind mappingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran mind mapping terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di kelas XI MA N 3 Bireuen. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen dan desain penelitian pretest posttest control group design. Penelitian dilaksanakan di MA N 3 Bireuen pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN 3 Bireuen tahun pelajaran 2020/2021. Pemilihan sampel dilakukan secara cluster random sampling, karena siswa memiliki karakteristik yang homogen. Peneliti memilih sampel dari anggota populasi yang memiliki nilai rata-rata tidak jauh berbeda. Pengumpulan data dilakukan dengan alat bantu berupa silabus, RPP, LKPD, data kemampuan awal dan data kemampuan akhir. Adapun instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah uji coba instrumen (uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran dan uji daya beda), tes awal (pretest) dan tes akhir (postest) serta angket kreativitas siswa. Teknik analisis data penelitian adalah uji N-Gain, uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas serta uji hipotesis yang berupa uji t. Untuk menguji hipotesis pada penelitian ini digunakan uji Independent Sampel t-Test. Hasil uji Independent sampel t-Tes kreativitas belajar siswa diketahui nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan 0,000 < 0,05, maka ?? ditolak dan ?? diterima. Sehingga terdapat pengaruh pembelajaran mind mapping terhadap kreativitas siswa pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan kelas XI MAN 3 Bireuen. Sedangkan, hasil uji hipotesis hasil belajar menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,002. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan 0,002<0,05, maka ?? ditolak dan ?? diterima. Sehingga terdapat pengaruh penerapan pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di kelas XI MAN 3 Bireuen.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Cut Mazlina Ilhami, Tutiliana Tutiliana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.