PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP TO GROUP EXCHANGE (GGE) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 JEUNIB

Authors

  • Safriani Universitas Almuslim
  • Rahmi Wahyuni Universitas Almuslim
  • Rahmi Hayati Universitas Almuslim

DOI:

https://doi.org/10.51179/vrs.v13i1.501

Keywords:

Group to Group Exchange, meningkatkan, kemampuan koneksi matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan koneksi matematis materi bangun ruang sisi lengkung menggunakan model pembelajaran group to group exchange (GGE) pada siswa kelas IX SMP N 1 Jeunib. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen, dengan desain penelitian pretest and postest control group desain. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 1 Jeunib pada tahun pelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP N 1 Jeunib tahun pelajaran 2019/2020 yang terdiri atas 6 kelas. Sedangkan, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah satu kelas dari seluruh kelas IX SMP N 1 Jeunib yang dipilih secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan tes kemampuan koneksi matematis. Adapun pengolahan data menggunakan uji-t guna menguji hipotesis yang telah dirumuskan. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) peningkatan  kemampuan koneksi matematis siswa menggunakan model pembelajaran Group to Group Exchange (GGE) pada materi bangun ruang sisi lengkung lebih baik dari pada koneksi matematis siswa menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi tabung, kerucut dan bola di kelas IX SMP Negeri 1 Jeunib; 2) skor persentase rata-rata hasil aktivitas guru dan siswa yang diperoleh dari dua orang pengamat pada pertemuanpertama dan kedua di kelas pembelajaran GGE dan konvensional bahwa taraf keberhasilan proses pembelajaran dikategorikan sangat baik; 3) hasil pengolahan data diperoleh ?ℎi???g > ????e?, yaitu 2,00 > 1,68 maka H0 ditolak dan Ha diterima pada taraf signifikan α = 0,05. Maka, disimpulkan bahwa terdapat pengingkatan yang signifikan menggunakan model pembelajaran GEE terhadap kemampuan koneksi matematis siswa pada materi tabung, kerucut dan bola di kelas IX SMP N 1 Jeunib.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Safriani, Universitas Almuslim

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Almuslim

Rahmi Wahyuni, Universitas Almuslim

Dosen Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Almuslim

Rahmi Hayati, Universitas Almuslim

Dosen Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Almuslim

Downloads

Published

2021-06-29

Issue

Section

Artikel Penelitian (Research articles)