PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN VAK (VISUAL AUDITORI KINESTATIKA)

Authors

  • Husnidar Universitas Almuslim

DOI:

https://doi.org/10.51179/vrs.v13i1.503

Keywords:

pemecahan masalah, model pembelajaran, VAK (Visual Auditori Kinestatika)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Vak (Visual Auditori Kinestatika) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi bangun datar di SD N 28 Peusangan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatam kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen dan rancangan one group pretest-posttest design. Penelitian ini dilakukan di SD N 28 Peusangan tahun pelajaran 2020/2021. Adapun Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD N 28 Peusangan yang berjumlah tiga kelas. Sedangkan, sampel penelitian adalah siswa kelas V.A yang berjumlah 27 siswa dari keseluruhan populasi yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling, yaitu penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Lalu, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, dan data hasil tes yang terkumpul dianalisis menggunakan statistik uji-t. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) penerapan model pembelajaran VAK efektif digunakan pada mata pelajaran matematika materi bangun datar; dan 2) hasil analisis data yang telah dilakukan diperoleh bahwa model pembelajaran VAK dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi bangun datar, yaitu diperoleh thitung ttabel,= 4,74 >  2,05, maka hipotesis Ho ditolak dan hipotesis Ha diterima. Sehingga, terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran VAK (Visual, Auditori Kinestatika) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V.A SD N 28 Peusangan materi bangun datar.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Husnidar, Universitas Almuslim

Dosen Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Almuslim

Downloads

Published

2021-06-29

Issue

Section

Artikel Penelitian (Research articles)