PERSEPSI SISWA SEKOLAH DASAR TERHADAP PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN LKS DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS DARING

Authors

  • Hambali Universitas Almuslim
  • Muthmainnah Universitas Almuslim

DOI:

https://doi.org/10.51179/vrs.v13i1.504

Keywords:

persepsi, pembelajaran IPA, LKS, daring

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa kelas V SDIT Azkiya Bireuen terhadap pembelajaran IPA menggunakan LKS dalam pembelajaran berbasis daring. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di SDIT Azkiya Bireuen. Instrumen pengumpulan data penelitian menggunakan angket, dengan memberikan sejumlah pertanyaan untuk dijawab terhadap responden yang berjumlah 40 siswa kelas V SDIT Azkiya Bireuen. Angket tersebut digunakan untuk mengetahui persepsi siswa mengenai pembelajaran IPA menggunakan LKS dalam pembelajaran berbasis daring learning. Angket berupa angket terbuka yang memberi kebebasan bagi siswa untuk memberikan tanggapan, biasanya berupa pertanyaan dan siswa dapat menulis sendiri jawabannya dalam bentuk uraian. Angket tersebut berupa angket respon siswa setelah pembelajaran daring learning. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA menggunakan LKS dalam pembelajaran berbasis daring membawa dampak yang sangat positif bagi siswa kelas V SDIT Azkiya Bireuen. Hal ini terlihat dari persentase jumlah siswa yang menyukai pembelajaran IPA menggunakan LKS dalam pembelajaran berbasis daring yaitu sejumlah 69,50% menyatakan menyukai pembelajaran IPA menggunakan LKS dalam pembelajaran berbasis daring

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Hambali, Universitas Almuslim

Dosen Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Almuslim

Muthmainnah, Universitas Almuslim

Dosen Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Bina Bangsa Getsampena Banda Aceh

Downloads

Published

2021-06-29

Issue

Section

Artikel Penelitian (Research articles)