Meta Analisis Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.51179/vrs.v13i2.532Keywords:
meta analisis, hasil belajar, pembelajaran tematikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pembelajaran tematik siswa sekolah dasar melalui metode meta analisis. Penelitian ini menggunakan metode desain meta analisis, yaitu kajian atas sejumlah hasil penelitian dalam masalah yang sejenis. Unit analisis dalam penelitian adalah dokumen tertulis tentang pembelajaran tematik berupa artikel yang diambil secara purposive berdasarkan kesesuaiannya dengan tema penelitian. Instrumen penelitian menggunakan human instrument. Setelah fokus penelitian menjadi jelas, dikembangkan instrumen penelitian sederhana yang dapat melengkapi data dan membandingkan data yang ditemukan sebelumnya. Populasi penelitian adalah dokumen tertulis, berupa buku, artikel jurnal, dan laporan penelitian. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling, karena data yang ingin diperoleh ditentukan atas kesesuaiannya dengan tema penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dengan prosentase dan analisis data kualitatif untuk data hasil kajian naratif terhadap penelitian yang ditemui. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian, disimpulkan bahwa pembelajaran tematik dapat diajarkan dengan berbagai model, strategi, dan media pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa SD. Oleh karena itu, pembelajaran tematik yang dikemas dalam aktivitas pembelajaran taktik secara kognitif berperan dalam meningkatkan kemampuan berpikir siswa, kemampuan pengambilan keputusan, serta transfer dalam sebuah permainan
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Aminah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.