Teori Belajar Behavioristik Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Berdasarkan Kurikulum 2013

Authors

  • Ety Universitas Almuslim
  • Riandi Universitas Almuslim

DOI:

https://doi.org/10.51179/vrs.v13i2.531

Keywords:

teori behavioristik, pembelajaran matematika, kurikulum 2013

Abstract

Kajian pustaka ini bertujuan untuk menjelaskan lebih mendalam tentang teori belajar behavioristik dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar berdasarkan kurikulum 2013. Teori behavioristik menjadi salah satu landasan teori belajar yang digunakan dalam merancang perangkat pembelajaran. Siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan teori behavioristik sama halnya dengan membentuk pola pikir siswa melalui pemberian stimulus respon. Sesuai karakteristik siswa sekolah dasar yang membutuhkan stimulus untuk memahami konsep-konsep materi matematika. Berdasarkan kurikulum 2013 yang memiliki tujuan bahwa pembelajaran harus bermakna bagi siswa, yaitu siswa dapat menerapkan ilmu pengetahuan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari. Maka, guru diharapkan mampu memahami pengetahuan awal, serta sikap dan keterampilan siswa untuk menentukan tujuan pembelajaran yang tertuang dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Lalu, merancang evaluasi formatif yang berguna sebagai umpan balik dari proses pembelajaran yang telah dilaksanakan serta memberikan motivasi dan semangat baru kepada peserta didik dalam rangka mewujudkan perubahan perilaku yang diinginkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ety, Universitas Almuslim

Dosen Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Almuslim

Riandi, Universitas Almuslim

Dosen Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Almuslim

Downloads

Published

2021-06-30

Issue

Section

Artikel Penelitian (Research articles)