PERSEPSI DAN KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP PEMBELAJARAN DARING SELAMA MASA PANDEMI COVID 19 DI GUGUS 5 KECAMATAN LANGKAHAN
DOI:
https://doi.org/10.51179/vrs.v13i1.505Keywords:
persepsi, kebijakan, pembelajaran daring, pandemi covid-19Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dan kebijakan kepala sekolah terhadap pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19 di Gugus 5 Kecamatan Langkahan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskripsi. Penelitian ini dilaksanakan di Gugus 5 Kecamatan Langkahan, pada tanggal 1 Oktober s.d 30 Desember 2020 semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021. Adapun subjek penelitian ini kepala sekolah yang ada di Gugus 5 Langkahan yang berjumlah 6 orang. Teknik pengumpulan data penelitiang menggunakan angket dan dokumentasi. Sedangkan, teknik analisis data dilakukan melalui: 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data, dan 4) penarikan simpulan. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian dapat disimpulkan bahwa kebijakan kepala sekolah di Gugus 5 Langkahan terlihat sudah melaksanakan pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19 dan kepala sekolah memfasilitasi jaringan kepada guru untuk melaksanakan pembelajaran tersebut. Adapun persepsi dan kebijakan kepala sekolah pada pembelajaran daring tergolong dalam kategori baik yaitu sebesar 84,31%, dengan perolehan persentase tertinggi pada Ibu Jamaliah, S.Pd sebesar 88,33% pada kategori sangat baik. Sedangkan persentase paling rendah diperoleh Bapak Rusli, S.Pd sebesar 75,00 pada kategori cukup. Hal ini, menujukkan bahwa pada Gugus 5 Kec. Langkahan sudah melaksanakan pembelajaran daring dan diterima semua pihak, baik guru maupun keluarga siswa.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Faizah, Nanda Novianty
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.