STUDI KEPUSTAKAAN: KETERKAITAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN TEORI KONSTRUKTIVISME
DOI:
https://doi.org/10.51179/vrs.v14i3.1510Keywords:
Kemampuan komunikasi, model PBL, teori konstruktivismeAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menampilkan kemampuan komunikasi matematis dalam pendidikan matematika dengan mengadaptasi model Problem Based Learning (PBL) berperspektif konstruktivis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif melalui studi pustaka. Penelitian dilakukan melalui tahap pengumpulan data sumber kepustakaan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa menggabungkan pendekatan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam kerangka konstruktivis akan meningkatkan keterampilan komunikasi matematis siswa. Perkembangan kognitif yang sukses dan efisien pada peserta didik dikaitkan dengan penggunaan metode pengajaran konstruktivis dan model pedagogis Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL). Model pembelajaran ini mendorong peningkatan inspirasi dan motivasi peserta didik yang mengarah pada peningkatan keterampilan berpikir kritis, khususnya dalam kemampuan komunikasi matematis setiap peserta didik.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Rahmi Hayati, Husnidar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.