PENINGKATAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) MAHASISWA PGSD MELALUI MODEL PEMBELAJARAN RADEC
DOI:
https://doi.org/10.51179/vrs.v14i2.1242Keywords:
Higher Order Thinking Skilss (HOTS); model pembelajaran RADECAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Higher Order Thinking Skilss (HOTS) mahasiswa PGSD melalui penerapan model pembelajaran RADEC (Read-Answer-Discuss-Explain and Create). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan desain one group pretest posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester II unit D yang berjumlah 23 orang, dipilih menggunakan teknik sampling purposive. Penelitian ini dilakukan pada mata kuliah Konsep Dasar IPA SD II materi alat optik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal HOTS yang disusun dalam bentuk uraian terbuka sebanyak 10 soal. Peningkatan HOTS mahasiswa dianalisis melalui perhitungan indeks gain (N-Gain). Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa model pembelajaran RADEC dapat meningkatkan HOTS mahasiswa PGSD. Hasil ini mengindikasikan bahwa model pembelajaran RADEC sebagai model pembelajaran inovatif terbaru yang dapat membangun keterampilan abad 21 khususnya HOTS.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Fatma Zuhra, Nanda Safarati, Jasmaniah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.