EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS
DOI:
https://doi.org/10.51179/vrs.v13i1.506Keywords:
kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi profesional guruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru dan pelaksanaan peningkatan kompetensi guru di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, untuk memahami makna perilaku personil yang terlibat dalam penelitian ini berkaitan dengan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru SMA. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Bireuen pada bulan Maret s.d Juni 2021. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru di SMA N 1 Bireuen. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul melalui wawancara dianalisis dengan prosedur berupa deskripsi analitis, yakni uraian naratif mengenai proses tingkah laku subjek sesuai dengan masalah yang ditelitinya. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) peran kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalime guru adalah memberdayakan kompetensi guru, pemenuhan syarat-syarat guru profesional, penciptaan karakteristik guru profesional dibuktikan dengan adanya implementasi administrasi pembelajaran serta didukung sarana dan prasaran pembelajaran yang memadai; 2) guru telah memiliki kompetensi dengan memperhatikan syarat penting yang harus dimiliki seorang guru professional dalam implementasi pembelajarannya yaitu penguasaan materi pelajaran, kemampuan menerapkan prinsip landasan pendidikan, kemampuan menyelenggarakan proses belajar mengajar, kemampuan menyesuaikan diri dengan situasi baru.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Siraj
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.