Perbandingan Algoritma Flyoid Warshal Dan Djikstra Menentukan Jarak Terdekat Aplikasi Pencarian Pemesanan Rumah Sewa Berbasis Mobile
DOI:
https://doi.org/10.51179/tika.v7i1.1077Kata Kunci:
Rumah Sewa, Warshall FLyod, Djikstra, Rute Terpendek, MobileAbstrak
Rumah sewa adalah jenis kontrakan yang disewakan (dikontrakkan) untuk jangka waktu tertentu dengan harga yang disepakati oleh pemilik kamar. Kota Lhokseumawe sebagai kabupaten yang memiliki beberapa Perguruan Tinggi Negeri dan adanya perusahaan besar, seperti Perta Arun Gas dan PIM membuat banyak penduduk lain dari kota lain yang mencari tempat tinggal di Kota Lhokseumawe. Susah dan minimnya informasi mengenai sebuah rumah sewa bagi penduduk baru mensulitkan mereka untuk mendapatkan rumah sewa yang nyaman untuk mereka, bahkan ada yang jauh dari tempat kuliah. Kesulitan pendatang baru dalam mendapatkan sebuah informasi mengenai rumah sewa di Kota Lhokseumawe memberikan gambaran oleh para peniliti untuk meniliti sebuah sistem dalam pencarian rumah sewa di kota Lhokseumawe berbasis mobile. Metode Pengembangan sistem untuk membangun aplikasi ini menggunakan prinsip SLDC yaitu waterfall, dimana metode ini menggunakan konsep arir terjun, melakukan pengembangan secara sequensial yang bersifat dinamis dan terstruktur dalam membangun sebuah perangkat lunak, dengan proses analisis kebutuhan sistem, desain sistem, pengkodean, uji coba dan implementasi. Berdasarkan uji coba yang sudah dilakukan, dengan menggunakan algoritma Floid Warshall dan Djikstra dalam menentukan rute terpendek ke rumah sewa menunjukkan Flyod Warshall sebagai algoritma pencarian paling efesien dalam hasil penentuan jarak terpendek, dengan jumlah vertek lebih kecil dibandingkan dengan Djikstra. Diharapkan ke depan aplikasi ini dapat diperbaharui dengan konsep metode perbandingan jarak terpendek lainnya, sehingga mendapatkan hasil yang lebih efesiensi dalam implementasi kepada sistem.
Unduhan
Referensi
Juansyah, A. (2015). PEMBANGUNAN APLIKASI CHILD TRACKER BERBASIS ASSISTED – GLOBAL POSITIONING SYSTEM ( A-GPS ) DENGAN PLATFORM ANDROID Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika ( KOMPUTA ).
Kusniyati, H., & Sitanggang, P. N. S. (2016). APLIKASI EDUKASI BUDAYA TOBA SAMOSIR BERBASIS ANDROID. 9(1), 9–18.
Maiyana, E. (2018). PEMANFAATAN ANDROID DALAM PERANCANGAN APLIKASI KUMPULAN DOA. 1, 54–67.
Muri, M. F. A., Utomo, H. S., & Sayyidati, R. (2019). Search Engine Get Application Programming Interface. 5(November), 88–97. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.175
Muslihudin, M., Renvillia, W., Taufiq, Andoyo, A., & Susanto, F. (2018). IMPLEMENTASI APLIKASI RUMAH PINTAR BERBASIS ANDROID DENGAN ARDUINO MICROCONTROLLER. 1(1), 23–31.
Panuntun, A. B., Sanjaya, M. B., & Ananda, D. (2018). APLIKASI PENJUALAN BUKU DI ZAHRA BOOK. 4(3), 1722–1729.
Permana, A. Y., & Romadlon, P. (2019). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN PERUMAHAN MENGUNAKAN METODE SDLC PADA PT. MANDIRI LAND PROSPEROUS BERBASIS MOBILE. 10, 153–167.
Rahman, R. K. (n.d.). Upaya Peningkatan Manajemen Akademik Sekolah ( Studi pada Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Bandung ). 33–49.
Rosid, M. A. (2016). Implementasi JSON untuk Minimasi Penggunaan Jumlah Kolom Suatu Tabel Pada Database PostgreSQL. November, 33–42.
Wijaya, Y. D. (2019). Sistem Informasi Penjualan Tiket Wisata Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. 273–276.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Ananda Faridhatul Ulva, Mochamad Ari Saptari, M Taufiq Hariadi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.