Pengembangan Aplikasi Berbasis Responsive Website Menggunakan Metode Extreme Programming

Penulis

  • Dedy Armiady Fakultas Ilmu Komputer Universitas Almuslim Bireuen - Aceh

DOI:

https://doi.org/10.51179/tika.v7i2.1266

Kata Kunci:

Aplikasi, Extreme Programming, Pengembangan Sistem, Responsive Website

Abstrak

Penggunaan teknologi informasi khususnya aplikasi berbasis jaringan komputer saat ini semakin meluas. Hal ini ditandai dengan banyaknya institusi pendidikan yang mulai menerapkan teknologi ini untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang sedang dihadapi. Salah satu institusi pendidikan yang saat ini juga komitmen untuk menerapkan teknologi informasi adalah Pesantren Terpadu Almuslim. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan sistem informasi pendaftaran calon santri baru Pesantren Terpadu Almuslim berbasis responsive website dengan menggunakan metode Extreme Programming (XP). Metode ini digunakan untuk mencapai tujuan akhir pengembangan sistem secara cepat dan efektif. Berdasarkan pengembangan sistme yang dilakukan, metode ini mampu mengakomodasi proses pengembangan sistem secara cepat dengan fokus pada proses penulisan code program. Adapun hasil yang didapatkan yaitu sistem informasi berbasis responsive website untuk pendaftaran calon santri baru yang berhasil dikembangkan dalam waktu yang singkat. Hal ini berbeda hasilnya dengan pengembangan sistem terdahulu yang menggunakan model waterfall

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Azizah, F.N., Ambarsari, N. & Hanafi, R., 2015, “MEMBANGUN WEB SERVICE PADA SISTEM INFORMASI PERIZINAN ANGKUTAN UMUM DENGAN METODE EXTREME PROGRAMMING (STUDI KASUS DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN BANDUNG BARAT),” Jurnal Rekayasa Sistem & Industri (JRSI), 2(04).

Borman, R.I., Priandika, A.T. & Edison, A.R., 2020, “Implementasi Metode Pengembangan Sistem Extreme Programming (XP) pada Aplikasi Investasi Peternakan,” Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (Justin), 8(3).

Gustina, R. & Leidiyana, H., 2020, “SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN KARYAWAN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL,” JSiI (Jurnal Sistem Informasi), 7(1).

Hanum, F.F. & Suprayekti, 2019, “PENERAPAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DI LEMBAGA PENDIDIKAN NONFORMAL,” JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 14(1).

Kurniawan, R., 2022, “Perancangan dan Implementasi Sistem Otentikasi OAuth 2.0 dan PKCE Berbasis Extreme Programming (XP),” Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia, 2(2).

Lestari, D., 2019, “Analisa Dan Perancangan Aplikasi Sistem Pelayanan Klinik Gigi (Studi Kasus: Dental Echo Clinic),” JSAI (Journal Scientific and Applied Informatics), 2(1).

Mluyati, S.S., 2019, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENYEWAAN WEDDING ORGANIZER BERBASIS WEB DENGAN PHP DAN MYSQL PADA KIKI RIAS,” Jurnal Teknik, 7(2).

Sayfulloh, A., 2021, “Perancangan Program Penjualan Mainan Berbasis Web Menggunakan Metode Extreme Programming,” remik, 5(2).

Silahuddin, S., 2015, “Penerapan E-Learning dalam Inovasi Pendidikan,” CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1).

Stinjak, M.L. & Masya, F., 2021, “PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI INVENTORY BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN ITERATIVE WATERFALL,” Rabit : Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab, 6(2).

Suryantara, I.G.N., 2017, “Merancang Applikasi dengan Metodologi Extreme Programming,” PT Elex Media Komputindo, (May 2017).

Syamsuar & Reflianto, 2018, “Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Era Revolusi Industri 4.0,” Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2).

Tesa, S.N., Komalasari, H., Budiman, A., Tari, D.P., Indonesia, U.P., Setiabudhi, J., Bandung, K. & Barat, J., 2021, “Studi Kasus Pembelajaran Tari Melalui Daring Di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu Malaysia,” Ringkang, 1(1).

Widiyanto, W.W., 2018, “Analisa Metodologi Pengembangan Sistem Dengan Perbandingan Model Perangkat Lunak Sistem Informasi Kepegawaian Menggunakan Waterfall Development Model, Model Prototype, Dan Model Rapid Application Development (Rad),” Jurnal Informa Politeknik Indonusa Surakarta ISSN, 4(1).

Zen, Z., 2018, “Inovasi Pendidikan Berbasis Teknologi Informasi : Menuju Pendidikan Masa Depan,” e-Tech : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2).

, “Mengintip dasar pengembangan sistem informasi dengan metode Agile. Why Agile Rocks?,” JURNAL SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS SURYADARMA, 6(1).

Unduhan

Diterbitkan

2022-08-10

Cara Mengutip

Armiady, D. (2022). Pengembangan Aplikasi Berbasis Responsive Website Menggunakan Metode Extreme Programming. Jurnal Tika, 7(2), 149–157. https://doi.org/10.51179/tika.v7i2.1266