Sistem Informasi Pengusulan Pembuatan Npwp Pada Kantor Pajak Pratama Bireuen Berbasis Web Mobile

Penulis

  • Munar Munar Ilmu Komputer Universitas Al Muslim

DOI:

https://doi.org/10.51179/tika.v6i02.461

Kata Kunci:

NPWP, Mobile, PHP, MySQL

Abstrak

Kantor Pelayanan Pajak (KPP) merupakan salah satu kantor negeri yang telah memakai sistem informasi berupa pemakaian perangkat komputer dalam menjalankan aktifitas kerjanya, tetapi dalam penggunaanya belum secara menyeluruh, hanya memanfaatkan untuk hal-hal kecil saja, seperti dalam pembuatan surat-surat dan laporan-laporan, pengolahan data serta dalam pengulusan pembuatan NPWP yang masih menggunakan Microsoft Word dan Microsoft Excell sehingga data-datanya masih belum tersusun secara rapi yang dapat menyebabkan terlambatnya pembuatan NPWP karena sulitnya mendapatkan informasi dalam waktu yang cepat. Pengolahan data nilai dalam bentuk berkas yang dilakukan oleh divisi tata usaha masih dimungkinkan hilang sehingga menyulitkan divisi tata usaha ketika akan membuat laporan pengusulan NPWP. Oleh karena itu untuk mengatasi permasalahan yang terjadi di diperlukan adanya perbaikan sistem pendaftaran NPWP dengan cara membangun sistem baru yang lebih cepat, akurat dan lebih terjamin dari segi pelayanan dan dalam pengarsipan file-file, yaitu dengan membuat sebuah program aplikasi agar dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada wajib pajak dan kemudahan bagi pihak staff pajak dalam melakukan pelayanan pengusulan NPWP. Aplikasi yang dikembangkan berbasis web mobile menggunakan bahasa pemograman PHP dan Database MySQL sebagai media penyimpanan data

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

ARIF, M. F., Kom, S., & Kom, M. (2019). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi: Penerbit Qiara Media.

Aziz, A. M. (2020). Perancangan Dan Pembuatan Sistem Informasi Retensi Berkas Rekam Medis Menggunakan Visual Basic. Net Di Puskesmas Banjarsengon Jember. POLITEKNIK NEGERI JEMBER.

Dana, A., & Setiawati, L. (2011). Sistem informasi akuntansi. Yogyakarta [ID]: Andi.

Gunawan, R. D., Oktavia, T., & Borman, R. I. B. I. (2018). Perancangan Sistem Informasi Beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) Berbasis Online (Tudi Kasus: SMA N 1 Kota Bumi). MIKROTIK: Jurnal Manajemen Informatika, 8(1), 43-54.

Limbong, T., & Hasugian, A. H. (2016). Aplikasi e-Directory Berkas Tridharma Kinerja Dosen. Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas, 1(2), 42-47.

Mulyani, S. (2017). Metode Analisis dan perancangan sistem: Abdi Sistematika.

Muslihudin, M. (2016). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur Dan UML: Penerbit Andi.

Nasikin, K. (2012). Pengembangan Sistem Informasi Akademis Dan Keuangan Di MAN 2 Pati. Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 3(3).

Putra, A. Y. A. (2019). PENERAPAN METODE WATERFALL DALAM SISTEM INFORMASI REKAM MEDIS DI PUSKESMAS XYZ. Paper presented at the PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MIPA DAN TEKNOLOGI II.

Simanjuntak, E., & Sirait, L. W. O. (2018). Faktor-faktor penyebab terjadinya missfile di bagian penyimpanan berkas rekam medis rumah sakit mitra medika medan tahun 2017. Jurnal Ilmiah Perekam dan Informasi Kesehatan Imelda (JIPIKI), 3(1), 370-379.

Solikin, I., & Putra, M. S. (2018). Aplikasi E-document pada Kantor Kepala Desa Tugu Jaya Berbasis Website. Jurnal Cendikia, 16(2 Oktober), 89-94.

Diterbitkan

2021-06-23

Cara Mengutip

Munar, M. (2021). Sistem Informasi Pengusulan Pembuatan Npwp Pada Kantor Pajak Pratama Bireuen Berbasis Web Mobile. Jurnal Tika, 6(02), 131–140. https://doi.org/10.51179/tika.v6i02.461