UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX MELALUI PENERAPAN PETA KONSEP PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI SMP NEGERI 1 PEUDADA TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Keywords:
Hasil Belajar, Penerapan Peta Konsep, Materi Sistem Reproduksi ManusiaAbstract
Penelitian ini dengan judul “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX Melalui Penerapan Peta Konsep pada Materi Sistem Reproduksi Manusia di SMP Negeri 1 Peudada Tahun Pelajaran 2019/2020” yang dilatar belakangi oleh pentingnya penggunaan model pembelajaran dalam menyampaikan materi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX Melalui Penerapan Peta Konsep pada Materi Sistem Reproduksi Manusia di SMP Negeri 1 Peudada Tahun Pelajaran 2019/2020. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, dengan dua siklus penelitian yang masing-masing siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, hasil wawancara, dan refleksi.Instrumen penelitian berupa tes dan lembar observasi. Penelitian ini menggunakan 1 kelas yaitu siswa Kelas IX/1 SMP Negeri 1 PeudadaTahun Ajaran 2019/2020 yang berjumlah 22 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan pre-test pada siswa untuk mengetahui kemampuan awal siswa sebelum pembelajaran, selanjutnya dikenakan perlakuan metode peta konsep pada materi Sistem Reproduksi Manusia selama 3 jam pelajaran dengan 1 kali pertemuan. Setelah selesai pembelajaran, diberikan post-test untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Tes akhir tindakan siklus I diperoleh siswa yang tidak mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) berjumlah 15 orang (68,18%) sedangkan siswa yang mencapai nilai kriteria ketuntasan berjumlah 7 orang (31,82%), hasil observasi terdapat aktivitas peneliti pada tindakan siklus I mencapai skor 72,72% dan hasil observasi aktivitas siswa mencapai 71,85%. Sedangkan tes akhir tindakan siklus II diperoleh siswa yang tidak mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) berjumlah 3 orang (13,64%) sedangkan siswa yang mencapai nilai kriteria ketuntasan berjumlah 19 orang (86,36%), hasil observasi terhadap aktivitas peneliti pada tindakan siklus II memperoleh skor 84,54% dan hasil observasi aktivitas siswa mencapai 88,18%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IX/1 SMP Negeri 1 Peudadasemester I Tahun Ajaran 2019/2020 pada materi Sistem Reproduksi Manusia