PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 15 PEUSANGAN PADA MATERI BERSIH ITU SEHAT

Authors

  • Rita Sahara

Keywords:

Hasil belajar, Discovery Learning, Bersih Itu Sehat

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa karena siswa kurang memperhatikan penjelasan guru, masih banyak siswa yang kurang memahami suatu materi pembelajaran. Penelitian bertujuan mengetahui penerapan model pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 15 Peusangan pada materi bersih itu sehat. Untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning pada kelas IV SD Negeri 15 Peusangan pada materi bersih itu sehat. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 15 Peusangan berjumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data tes, lembar aktivitas dan angket. Teknik analisis data melalui tes hasil belajar, tes observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil ketuntas belajar siswa pada siklus I diperoleh 29% dan siklus II diperoleh 85%. Hasil aktivitas guru pada siklus I 80% menjadi 100% pada siklus II sedangkan aktivitas siswa pada siklus I 75% menjadi 93% pada siklus II. Hal ini menujukkan bahwa proses pembelajaran yang dilaksanakan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada materi materi pelajaran sangat baik dalam menunjang pembelajaran di kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Rita Sahara

SD Negeri 15 Peusangan

Published

2022-10-24

How to Cite

Sahara, R. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 15 PEUSANGAN PADA MATERI BERSIH ITU SEHAT . JURNAL LENTERA, 21(6). Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/ltr1/article/view/1525