UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR PADA MATERI ENERGI DAN PERUBAHANNYA DI KELAS IV UPTD SD NEGERI 11 MAKMUR

Authors

  • Heranita

Abstract

Penelitian ini didasari oleh adanya permasalahan yaitu rendahnya hasil belajar siswa terhadap pembelajaran IPA khususnya pada materi energi dan perubahannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Peningkatan hasil belajar siswa pada materi energi dan perubahannya melalui model pembelajaran everyone is a teacher here berbantuan media gambar di kelas IV UPTD SD Negeri 11 Makmur; 2)Aktivitas guru dan siswa pada materi energi dan perubahannya melalui model pembelajaran everyone is a teacher here berbantuan media gambar di kelas IV UPTD SD Negeri 11 Makmur; dan 3) Respon siswa pada materi energi dan perubahannya  melalui model pembelajaran everyone is a teacher here di kelas IV UPTD SD Negeri 11 Makmur. Yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi kelas IV UPTD SD Negeri 11 Makmur yang berjumlah 21 orang. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, pengamatan (observasi), dan pembagian angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran everyone is a teache here berbantuan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi energi dan perubahannya di kelas IV UPTD SD Negeri 11 Makmur. Pada siklus I ada 14 orang siswa yang tuntas (66, 66%) dan siklus II 20 orang yang tuntas (95,3%), hal ini terbukti bahwa terjadinya peningkatan hasil belajar siswa. 2) Penerapan model pembelajaran everyone is a teacher here aktivitas guru dan siswa pada materi energi dan perubahannya di kelas IV UPTD SD Negeri 11 Makmur. Hal ini terbukti dengan persentase aktivitas guru dan siswa setiap siklus yaitu siklus I (78%), dan siklus II (94,66%) untuk aktivitas guru. Sedangkan untuk aktivitas siswa siklus I (76,66%) dan siklus II (92%); dan 3) Respon siswa melalui penerapan model pembelajaran everyone is a teacher here pada materi energi dan perubahannya di kelas IV UPTD SD Negeri 11 Makmur dengan persentase siswa senang mencapai 90,5%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Heranita

SD Negeri 11 Makmur

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Heranita. (2023). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR PADA MATERI ENERGI DAN PERUBAHANNYA DI KELAS IV UPTD SD NEGERI 11 MAKMUR. JURNAL LENTERA, 23(3). Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/ltr1/article/view/2513