MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CTL) DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII.C MATERI ADANYA PERUBAHAN SOSIAL DAN BUDAYA PELAJARAN IPS PADA SMP NEGERI 1 LANGKAHAN KABUPATEN ACEH UTARA
Keywords:
Hasil Belajar, Kemampuan, Model, Picture And Picture, PAI, Asmaul HusnaAbstract
Keberhasilan proses belajar mengajar pada pembelajaran dapat diukur dari keberhasilan siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran tersebut. Keberhasilan itu dapat dilihat dari tingkat pemahaman, penguasaan materi serta hasil belajar siswa. Semakin tinggi pemahaman dan penguasaan materi serta hasil belajar maka semakin tinggi pula tingkat keberhasilan pembelajaran. Merosotnya hasil ulangan harian siswa Kelas VII.C SMP Negeri 1 Langkahan nilai rata-rata ulangan harian siswa yang memiliki nilai kurang dari KKM 75, sebanyak 29 siswa (70,83%). Sedangkan yang telah mencapai ketuntasan sebanyak 7 siswa (29,16%). Pada karya ini rumusan masalah yang akan dibahas yaitu: Apakah Melalui Model Pembelajaran Kontekstual (CTL) Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII.C Materi Adanya Perubahan Sosial dan Budaya Pelajaran IPS Pada SMP Negeri 1 Langkahan Kabupaten Aceh Utara?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII.C Pelajaran IPS Materi Adanya Perubahan Sosial dan Budaya melalui Model Pembelajaran Kontektual (CTL) pada SMP Negeri 1 Langkahan Kabupaten Aceh Utara. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan di mulai dari bulan Januari s.d. Maret 2022. Dengan menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VII-4 SMP Negeri 1 Kutamakmur. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Melalui Model Pembelajaran Kontektual (CTL) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas VII.C Pelajaran IPS Materi Adanya Perubahan Sosial dan Budaya pada SMP Negeri 1 Langkahan Kabupaten Aceh Utara memiliki dampak positif dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa yang ditandai dengan meningkatnya ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus.