PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V UPTD SD NEGERI 15 PEUSANGAN PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA

Authors

  • Fitriyani

Abstract

Penelitan ini dilatarbelakangi oleh ada peserta didik yang kurang memahami dan tidak mampu menjelaskan konsep IPA sehingga berakibat pada hasil belajarnya yang rendah. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran generatif pada materi perubahan wujud benda di kelas V SD Negeri 15 Peusangan. Aktivitas guru dan peserta didik melalui model pembelajaran Generatif pada materi perubahan wujud benda di kelas V SD Negeri 15 Peusangan. Respon peserta didik terhadap pelaksanaan pembelajaran model pembelajaran Generatif pada materi perubahan wujud benda di kelas V SD Negeri 15 Peusangan. Metode penelitian menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian PTK. Sumber data penelitian adalah siswa kelasV berjumlah 23 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, lembar akhivitas dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar terjadi peningkatan, pada siklus I persentase ketuntasan sebesar 60,86% meningkat menjadi 86,95% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran sudah membaik dari siklus ke siklus. Terdapat peningkatan aktivitas belajar mengajar antara guru dan peserta didik telah berlangsung dengan baik. Ini terlihat dari hasil observasi guru siklus I sebesar 75,39% dan meningkat menjadi 92,35% siklus II. Sedangkan hasil observasi peserta didik siklus I sebesar 73,85% dan meningkat menjadi 92,35%. Hasil respon peserta didik pada pembelajaran dilaksanakan guru menggunakan model pembelajaran Generatif di peserta didik menyukai belajar menggunakan model tersebut terbukti dari hasil respon peserta didik nilai rata-rata pada kriteria “ya” sebesar 75%, kriteria “tidak” sebesar 18%. Hal ini menunjukkan bahwa peserta didik sangat menyukai belajar menggunakan model pembelajaran Generatif.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Fitriyani

SD Negeri 15 Peusangan

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Fitriyani. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V UPTD SD NEGERI 15 PEUSANGAN PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA. JURNAL LENTERA, 23(3). Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/ltr1/article/view/2511