UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI MAKHLUK HIDUP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH SISWA KELAS V SD NEGERI PADANG JAWA TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Keywords:
Aktivitas, IPA, Makhluk Hidup Make a Match.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah Untuk Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Pada Materi Makhluk Hidup di kelas V SD Negeri Padang Jawa Tahun Pelajaran 2019/2020 maka dariitu peneliti mengambil judul” Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Pada Materi Makhluk Hidup Melalui Model Pembelajaran make a match Siswa Kelas V SD Negeri Padang Jawa Tahun Pelajaran 2019 /2020”. Subjek penelitian tindakan sekolah ini adalah Siswa Kelas V SD Negeri Padang Jawa. Penelitian tindakan sekolah ini dilaksanakan pada tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam kurun waktu 3 bulan yaitu dari bulan Februari 2020 sampai dengan April 2020 pada semester ganjil. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pada setiap siklus terdiridari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Prosedur penelitian terdiri dari prapenelitian, perencanaan siklus satu, pelaksanaan tindakan siklus satu, pengamatan siklus satu, refleksi siklus satu, perencanaan siklus dua, pelaksanaan tindakan siklus dua, pengamatan siklus dua dan refleksi siklus dua. Teknik pengumpulan data yaitu mengumpulkan nilai tes yang dilaksanakan pada setiap akhir pembelajaran pada setiap siklus dengan menggunakan instrument soal (testertulis). Data observasidilakukan dengan melihat Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Pada Materi Makhluk Hidup siswa dalam proses pembelajaran. Data dianalisis dengan cara statistik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan Aktivitas dan hasil belajar siswa dari 33.33% pada prapenelitian meningkat menjadi 61.11% pada siklus I dan meningkat menjadi 83.33% pada siklus II. Aktivitas dan Hasil Belajar IPA siswa mengalami peningkatan dari kategori cukup menjadi baikdan kategori baik meningkat menjadi sangat baik. Penerapan Model Pembelajaran make a match dapat meningkatkanAktivitas Dan Hasil Belajar IPA Pada Materi Makhluk Hidup Siswa Kelas V SD Negeri Padang Jawa Tahun Pelajaran 2019 /2020.