EFEKTIFITAS HASIL BELAJAR ADMINSTRASI KEUANGAN PADA MATERI MENGILUSTRASIKAN PENGELOLAAN KAS KECIL MENGUNAKAN PEMBELAJARAN PARTISIPATIF DENGAN TEKNIK SNOWBALL THROWING SISWA KELAS XII OTKP I SMKN 3 LHOKSEUMAWE TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • Nurul Afni

Keywords:

Peningkatan Hasil Belajar, Mengilustrasikan Pengelolaan Kas Kecil, Pembelajaran Partisipatif, Teknik Snowball Throwing.

Abstract

Peneliti melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan metode pembelajaran partisipatif teknik Snowball Throwing dalam pembelajaran administrasi keuangan materi Mengilustrasikan Pengelolaan Kas Kecil di kelas XII OTKP 1 SMK Negeri 3 Lhokseumawe, karena hasil pengamatan awal bahwa selama ini guru mata pelajaran produktif OTKP SMK Negeri 3 Lhokseumawe mengajar dengan menggunakan metode konvensional, belum pernah menggunakan model pembelajaran yang menarik. Teknik pengambilan dan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif komparatif yang dilanjutkan dengan refleksi. Deskriptif komparatif dilakukan dengan membandingkan data kondisi pra siklus, siklus I dan siklus II untuk mendapatkan hasil belajar. Membandingkan data tidak menggunakan analisis statistik, melainkan dengan cara mendeskripsikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative learning snowball throwing yang dilakukan pada materi Mengilustrasikan Pengelolaan Kas Kecil di kelas XII OTKP 1 SMK Negeri 3 Lhokseumawe sangat baik. Perbandingan hasil belajar siswa dari kondisi pra siklus, siklus I dan siklus II meningkat. Nilai rata-rata pra siklus sebesar 56, pengamatan aktivitas belajar belajar sebesar 2,78 (kategori cukup), dan hanya 9 orang (21,95%) yang tuntas. Pada siklus I, rata-rata nilai dari 31 orang siswa naik menjadi 82. hasil pengamatan aktivitas belajar sebesar 3,61 (kategori baik), sedangkan hasil belajar sebanyak 27 dari 31 orang siswa (66%) tuntas. Sementara itu rata-rata nilai dari 31 orang siswa pada siklus II naik menjadi 86, hasil pengamatan aktivitas belajar sebesar 4,34 (kategori sangat baik), sedangkan ketuntasan belajar sebanyak 31 dari 31 orang siswa (100%), berarti telah memenuhi kriteria ketuntasan minimum yaitu menguasai materi pelajaran ≥ 75%. Berdasarkan hasil penemuan pada penelitian tersebut, bahwa dalam menerapkan model cooperative learning snowball throwing dapat menjadi metode alternatif dalam meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa. Siswa lebih dapat berperan aktif dalam proses belajar mengajar di kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Nurul Afni

SMK Negeri 3 Kota Lhokseumawe

Published

2022-10-11

How to Cite

Afni, N. (2022). EFEKTIFITAS HASIL BELAJAR ADMINSTRASI KEUANGAN PADA MATERI MENGILUSTRASIKAN PENGELOLAAN KAS KECIL MENGUNAKAN PEMBELAJARAN PARTISIPATIF DENGAN TEKNIK SNOWBALL THROWING SISWA KELAS XII OTKP I SMKN 3 LHOKSEUMAWE TAHUN PELAJARAN 2021/2022. JURNAL LENTERA, 22(4). Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/ltr1/article/view/1487