UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI GIVING ADVICES PELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI METODE GUIDED NOTE TAKING PADA KELAS VIII.C SMP NEGERI 1 LANGKAHAN KABUPATEN ACEH UTARA

Penulis

  • Faizah

Kata Kunci:

Metode Pembelajaran, Metode Guided Note Taking, Prestasi Belajar, Materi Giving Advices Pelajaran Bahasa Inggris

Abstrak

Pengajaran Bahasa Inggris yang melupakan masyarakat sebagai sumber dan obyeknya, merupakan suatu bidang pengetahuan yang tidak berpijak kepada kenyataan”. Dengan pelajaran Bahasa Inggris sangat sesuai bila diberikan dengan pembelajaran kontekstual. Metode Guided Note Taking adalah pendekatan pembelajaran yang membantu guru mengkaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata peserta didik dan mendorong peserta didik membuat hubungan antar pengetahuan yang dimiliki dengan penerapan dalam kehidupan sehari-hari sebagai anggota keluarga dan masyarakat... berdasarkan hasil pengamatan, hanya 6 siswa dari 18 siswa yang menunjukkan aktivitas. Dengan segala keterbatasan fasilitas, dan sumber belajar serta metode pembelajaran yang digunakan oleh guru selama ini, menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Dari hasil pre-tes untuk mata pelajaran Bahasa Inggris pada materi yang lalu hanya 28,13% atau 9 siswa yang mencapai ketuntasan, dengan KKM minimal 70 untuk mata pelajaran Bahasa Inggris. Sedangkan 71,87% atau 23 siswa yang lainnya belum mencapai ketuntasan. Pada karya ini rumusan masalah yang akan dibahas yaitu: Apakah melalui Metode Guided Note Taking  dapat meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas VIII.C Materi Giving Advices pelajaran Bahasa Inggris pada SMP Negeri 1 Langkahan  Kabupaten Aceh Utara? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat membuktikan dan meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII.C SMP Negeri 1 Langkahan Materi Giving Advices Pelajaran Bahasa Inggris melalui penerapan Metode Guided Note Taking Kabupaten Aceh Utara. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan di mulai dari bulan Sept s.d. Nov 2022. Dengan menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IX.2 SMP Negeri 3 Sawang. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Melalui Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa kelas VIII.C SMP Negeri 1 Langkahan Materi Giving Advices pelajaran Bahasa Inggris memiliki dampak positif dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa yang ditandai dengan meningkatnya ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Faizah

SMP Negeri 1 Langkahan

File Tambahan

Diterbitkan

2023-08-08

Cara Mengutip

Faizah. (2023). UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI GIVING ADVICES PELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI METODE GUIDED NOTE TAKING PADA KELAS VIII.C SMP NEGERI 1 LANGKAHAN KABUPATEN ACEH UTARA. JURNAL LENTERA, 23(2). Diambil dari http://journal.umuslim.ac.id/index.php/ltr1/article/view/2135

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.