PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SD NEGERI 12 JULI PADA MATERI KERJASAMA

Authors

  • Mursyidah

Keywords:

Hasil Belajar, Model PBL, Kerjasama

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari rendahnya hasil belajar siswa disebabkan kebanyakan siswa ketika pembelajaran berlangsung melakukan aktivitas diluar aktifitas belajar, seperti berbicara dengan teman sebangku, mengganggu teman-teman di belakang atau didepan bangku ketika proses belajar-mengajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: peningkatan hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa dengan model pembelajaran PBL pada konsep kerjasama di Kelas II SD Negeri 12 Juli. Pendekatan yang digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian siswa kelas II SD Negeri 12 Juli berjumlah 12 siswa. Teknik pengumpulan tes, lembar obsevasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan hasil tes, hasil observasi. Hasil Penelitian diperoleh bahwa hasil ketuntas belajar siswa pada siklus I diperoleh 42% dan siklus II diperoleh 83% mengalami peningkatan sebesar 41%. Diperoleh bahwa proses pembelajaran yang dilaksanakan menggunakan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kerjasama. Hasil aktivitas guru pada siklus I 83% menjadi 100% pada siklus II sedangkan aktivitas siswa pada siklus I 83% menjadi 92% pada siklus II. Hal ini menujukkan bahwa proses pembelajaran yang dilaksanakan menggunakan model pembelajaran PBL pada materi materi kerjasama sangat baik dalam menunjang pembelajaran di kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Mursyidah

SD Negeri 12 Juli

Published

2022-10-24

How to Cite

Mursyidah. (2022). PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SD NEGERI 12 JULI PADA MATERI KERJASAMA. JURNAL LENTERA, 21(6). Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/ltr1/article/view/1520