UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DI KELAS VIII UPTD SMP NEGERI 2 KUTABLANG

Authors

  • Maryati Hasrad

Keywords:

Pemahaman, Model Group Investigation, Sistem Peredaran Darah Pada Manusia

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi karena ketidakpahaman siswa terhadap penjelasan guru pada materi sistem peredaran darah pada manusia, siswa kurang dilatih dalam memahami contoh-contoh berhubungan dengan materi pelajaran sehingga peneliti menggunakan model pembelajaran Group Investigation. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: peningkatkan pemahaman siswa, aktivitas guru dan siswa serta respon siswa kelas VIII UPTD SMP Negeri 2 Kutablang pada materi sistem peredaran darah pada manusia dengan model Pembelajaran Group Investigation. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas VIII UPTD SMP Negeri 2 Kutablang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data adalah tes, lembar observasi dan angket. Teknik analisis data adalah tes hasil belajar, tes aktivitas guru dan siswa dan tes respon siswa. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa: (1) Peningkatan pemahaman siswa terjadi peningkatan, pada siklus I persentase ketuntasan sebesar 61,91% dan sedangkan pada siklus II persentase ketuntasan sebesar 85,71%. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model Group Investigation pada pokok bahasan memahami sistem sistem peredaran darah pada manusia dapat meningkatkan pemahaman siswa. (2) Peningkatan aktivitas belajar mengajar antara guru dan siswa telah berlangsung dengan baik. Ini terlihat dari hasil observasi siklus I dan II mengalami peningkatan dari pihak guru pada siklus I persentase sebesar 71,98% pada siklus II naik menjadi 92,26%. Sedangkan dari pihak siswa pada siklus I 71,50% juga mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 91,43%. (3) Hasil respon siswa dilaksanakan guru menggunakan Group Investigation diperoleh bahwa pada kriteria jawaban “ya” diperoleh sebesar 79,76% dan pada kriteria jawaban “tidak” diperoleh sebesar 20,24%

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Maryati Hasrad

SMP Negeri 2 Kutablang

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Hasrad, M. (2023). UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DI KELAS VIII UPTD SMP NEGERI 2 KUTABLANG. JURNAL LENTERA, 23(3). Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/ltr1/article/view/2510