PENERAPAN PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI PESERTA DIDIK DI KELAS IV SD NEGERI 2 PEUSANGAN SELATAN PADA MATERI HORMAT DAN PATUH KEPADA ORANG TUA DAN GURU

Authors

  • Eka Liana

Keywords:

Hasil Belajar, Discovery Learning, Hormat dan Patuh Kepada Orang Tua dan Guru.

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa melalui penerapan model pembelajaran Discovery learning di kelas IV SD Negeri 2 Peusangan Selatan pada materi hormat dan patuh kepada orang tua dan guru. Metode penelitian yang digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian PTK. Subjek dalam penelitian siswa kelas IV SD Negeri 2 Peusangan Selatan berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal, lembar observasi. Teknik analisis menggunakan persentase ketuntasan dan persentase observasi. Hasil penelitian menunjukkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran Discovery learning pada materi hormat dan patuh kepada orang tua dan guru kelas IV SD Negeri 2 Peusangan Selatan dapat meningkatkan hasil kemampuan siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil kemampuan siswa pada siklus I yaitu 55% tuntas meningkat menjadi 80%. Hasil aktivitas guru pada siklus I sebesar 85% kategori baik meningkat menjadi 100% pada siklus II kategori sangat baik. Sedangkan hasil rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 73% kategori baik meningkat menjadi 93% kategori sangat baik pada siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Eka Liana

SD Negeri 2 Peusangan Selatan

Published

2022-10-24

How to Cite

Liana, E. (2022). PENERAPAN PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI PESERTA DIDIK DI KELAS IV SD NEGERI 2 PEUSANGAN SELATAN PADA MATERI HORMAT DAN PATUH KEPADA ORANG TUA DAN GURU. JURNAL LENTERA, 21(6). Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/ltr1/article/view/1519