PENERAPAN PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DI KELAS V SD NEGERI 8 PEUSANGAN PADA MATERI HORMAT DAN PATUH KEPADA ORANG TUA DAN GURU

Authors

  • Mutiawati

Keywords:

Discovery Learning, Pemahaman Siswa, Hormat dan Patuh Pada Orang Tua dan Guru

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning di kelas V SD Negeri 8 Peusangan pada materi hormat dan patuh pada orang tua dan guru. Untuk mengetahui aktivitas siswa dan guru dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada materi hormat dan patuh pada orang tua dan guru di kelas V SD Negeri 8 Peusangan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini siswa kelas V SD Negeri 8 Peusangan berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes soal dan lembar aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan analisis ketuntasan dan analisis persentase aktivitas pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya peningkatan pada pemahaman mulai dari siklus I sebesar 50% menjadi 80% pada siklus II. Hal ini dapat dikatakan bahwa model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas V SD Negeri 8 Peusangan. Adanya peningkatkan pada aktivitas guru mulai dari siklus I sebesar 80% menjadi 100% pada siklus II. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 75% meningkat menjadi 95% pada siklus II. Hal ini bias dikatakan pembelajaran yang dilaksanakan guru menggunakan Discovery Learning dapat memberi dampak baik bagi pembelajaran di kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Mutiawati

SD Negeri 8 Peusangan

Published

2022-10-24

How to Cite

Mutiawati. (2022). PENERAPAN PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DI KELAS V SD NEGERI 8 PEUSANGAN PADA MATERI HORMAT DAN PATUH KEPADA ORANG TUA DAN GURU. JURNAL LENTERA, 21(6). Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/ltr1/article/view/1521